Eks Keresidenan Madiun

Tingkatkan Kualitas Kesehatan Pesantren, Dinkes Magetan Gelar Orientasi Pendampingan Poskestren

BeritaNasional.ID, Magetan, Jatim  – Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas Poskestren (Pos Kesehatan Pesantren) di Kabupaten Magetan , Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar orientasi pendampingan poskestren (pos kesehatan pesantren) di di Pondok Sintesa Badrussalam, Kawedanan Rabu (21/6/2023)

Orientasi yang digelartersebut  diikuti unsur pesantren  yakni pengasuh pesantren, santriwan santriwati, kader poskestren,  organisasi masyarakat, serta petugas dari puskesmas di Kabupaten Magetan

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta tentang konsep dasar poskestren, meningkatkan pengetahuan peserta tentang peran ormas dalam mewujudkan Pondok Pesantren bersih dan Sehat.

Kepala Dinas Kesehatan melalui Kepala Bidang Kesehatan  Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Magetan Totok Aprijanto mengatakan poskestren  merupakan program pemerintah Provinsi  Jawa Timur dalam membina pondok pesantren “ Poskestren ini merupakan program provinsi Jawa Timur untuk membina kesehatan pondok pesatren” ungkap Toto

MenurutTotok, pentingnya peran serta masyarakat dalam pembangunan kesehatan telah diakui oleh semua pihak. Peran serta masyarakat baik perorangan maupun terorganisasi telah terbukti mempercepat keberhasilan pembangunan kesehatan sehingga derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya dapat dicapai.

“Peran serta masyarakat secara terorganisasi salah satunya adalah dengan mengembangkan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM). Pondok pesantren sebagai institusi keagamaan yang cukup besar sangat strategis membentuk UKBM di lingkungannya Poskestren. UKBM tersebut didalam melaksanakan kegiatannya lebih mengedepankan upaya promotif dan preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilitative,” jelasnya.

Toto berharap, setelah mendapatkan pembinaan  para pendamping poskestren akan menerapkan yang direncanakan pondok pesantren agar menjadi pesantren tangguh   “ pungkasnya (Is/adv)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button