Kalimantan Barat

Tingkatkan Pengamanan Pemilu, Pamatwil Polda Kalbar Gelar Asistensi OMB di Polres Sekadau

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Pamatwil Polda Kalbar menggelar asistensi Operasi Mantap Brata (OMB) Kapuas 2023-2024 di Polres Sekadau. Kegiatan yang berlangsung di aula Bhayangkara Patriatama ini dipimpin oleh Ketua Tim Pamatwil, Kombespol Dolly Arimaxionary, beserta tim, pada Rabu (24/1/2024).

Dalam sambutannya, Kapolres Sekadau, AKBP I Nyoman Sudama, mengungkapkan bahwa tahapan kampanye di wilayah Sekadau berjalan dengan lancar. Kapolres juga meminta bimbingan dari Tim Pamatwil untuk menyempurnakan kesiapan Polres Sekadau dalam pengamanan pemilu.

“Berbagai kegiatan telah dilakukan oleh Polres Sekadau dalam persiapan tahapan pemilu, termasuk doa bersama, simulasi Pam TPS, dan Tactical Wall Game terkait pengamanan di TPS. Polres Sekadau juga telah mengundang KPU dan Bawaslu untuk memberikan arahan kepada personel pengamanan TPS. Kegiatan doa bersama di tingkat kabupaten juga akan dilaksanakan ke depan,” ucap Kapolres.

Kabagops Polres Sekadau, Kompol Samsul Bakri dalam paparannya, menyampaikan telah dilakukan rayonisasi di Polres Sekadau dengan membagi wilayah ke dalam tiga rayon yang dipimpin oleh masing-masing koordinator. Pola Pam TPS dan kekuatan personel juga telah ditinjau, begitu pula dengan penggunaan kekuatan dan anggaran personel per tahapan pemilu.

Dalam diskusi yang dilakukan oleh Tim Pamatwil Polda Kalbar, berbagai kesulitan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Operasi Mantap Brata dibahas. Tim Pamatwil mengundang para pejabat dan personel OMB Polres Sekadau dan instansi terkait untuk berbagi informasi dan pengalaman serta mencari solusi bersama.

“Kami mengundang personel dan instansi terkait untuk mengadakan sharing mengenai kendala dan hambatan apa saja yang dihadapi, dilakukan diskusi bersama untuk mencari solusi,” ujar Kombespol Dolly.

Ketua KPU Kabupaten Sekadau, Fransiskus Khoman, menjelaskan bahwa saat ini pihaknya tengah mempersiapkan simulasi di Kecamatan Belitang Hilir sebagai bentuk edukasi bagi petugas. Selain itu, KPU juga akan melaksanakan sosialisasi kepada pemilih di Kabupaten Sekadau pada bulan Februari.

Terkait logistik, KPU telah mempersiapkan dan perlu dukungan pengawalan dari kepolisian. Untuk TPS yang terdapat kerawanan banjir, KPU telah mencari TPS alternatif dan melakukan mitigasi. Setiap desa juga sudah diutamakan untuk menggunakan gedung permanen sebagai TPS.

Komisioner Bawaslu, Sunardi menyampaikan akan melaksanakan peluncuran TPS yang rawan pada tanggal 27 Januari 2024, serta penertiban APK di seluruh Kabupaten Sekadau pada tanggal 30 Januari 2024 setelah rapat dari Pokja.

Kapolres Sekadau menyatakan bahwa kerjasama sangat penting dalam strategi pengamanan Pemilu dan mengungkapkan rencana pengadaan ambulance dengan bantuan Dokes dan Puskesmas di setiap kecamatan. Polres Sekadau juga siap menghadapi kendala seperti cuaca dan sarana prasarana yang mungkin menghambat distribusi logistik pemilu.

Kasi Datun Kajari Kabupaten Sekadau, M. Nur Suryadi, memberikan masukan tentang potensi kerawanan di TPS terkait pelanggaran pemilu. Ia juga mengharapkan penanganan laporan tindak pidana pemilu dilakukan dalam batas waktu yang ditetapkan. Koordinasi dengan Gakkumdu dalam menyelesaikan laporan tindak pidana pemilu juga penting.

Kegiatan Asistensi Pamatwil Polda Kalbar ini menjadi langkah penting dalam mempersiapkan pelaksanaan Operasi Mantap Brata di Polres Sekadau. Diharapkan dengan adanya asistensi ini, Polres Sekadau dapat melaksanakan kegiatan dengan lebih matang dan siap menghadapi segala tantangan yang mungkin muncul. (Aji/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button