Artikel/OpiniRagam

Tips Memilih Keset Kaki Dapur dan Kegunaannya

BeritaNasional.ID — Area dapur rentan licin karena percikan air dan minyak, memerlukan perhatian khusus untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat beraktivitas di sana. Memilih keset kaki dapur yang tepat adalah kunci untuk mencegah licin. Perhatikan dengan baik bahan dan model keset untuk meningkatkan keamanan dan estetika area memasak, mencegah kecelakaan terpeleset akibat lantai licin.

Keset merupakan salah satu jenis perlengkapan rumah tangga yang harus Anda miliki. Ada beberapa jenis keset yang dibedakan berdasarkan penggunaannya. Mulai dari keset kamar mandi, dapur, kamar tidur hingga keset untuk bagian depan atau teras. Begitu juga dengan desainnya. Bahkan ada yang menjual dengan desain unik sehingga membuat dapur terlihat lebih estetik.

Meski semua mempunyai kegunaan yang sama, yaitu untuk membantu mengeringkan kaki dan mencegah licin, namun Anda perlu mengetahui perbedaannya sehingga bisa membeli produk yang tepat dan mendapat manfaat maksimal dari keset kaki dapur tersebut.

5 Tips Memilih Keset untuk Area Dapur

Berikut ini beberapa tips memilih keset kaki untuk area dapur yang perlu Anda tahu:

1.    Ukuran

Masing-masing rumah tentu mempunyai ukuran dapur yang berbeda, begitu juga dengan kebutuhan keset untuk bagian ini. Sebelum membeli, Anda perlu memastikan terlebih dulu berapa ukuran keset yang diperlukan sehingga semua bagian yang kemungkinan basah karena air atau percikan minyak bisa tertutup semua.

Agar tidak salah dalam membeli, Anda perlu mempertimbangkan bagian mana saja yang akan dipasang keset. Selain itu Anda juga perlu mempertimbangkan model ruangan sehingga semua bagian yang akan dipasangi kaset bisa tertutup maksimal.

2.    Ketebalan

Pertimbangan berikutnya adalah mengenai ketebalan dari keset itu sendiri. Di toko, Anda bisa menemukan berbagai jenis keset dengan ketebalan yang berbeda. Jangan salah, tidak semua keset yang tebal sesuai untuk dapur Anda. Justru semakin tebal akan menyulitkan ketika Anda membongkar dan membersihkannya.

Pilihlah keset dengan ketebalan yang sesuai. Pertimbangkan kemampuannya dalam menyerap air dan percikan minyak tersebut. Meski tipis namun mempunyai daya serap yang tinggi, bisa menjadi pilihan yang tepat.

3.    Bahan

Bahan dari keset berpengaruh pada kemudahan untuk dibersihkan, daya serap dan kenyamanan dalam penggunaan. Pilihlah keset dengan bahan yang paling cepat menyerap cairan. Sedangkan untuk bagian dasarnya, sebaiknya memilih bahan anti slip seperti karet sehingga tidak licin meski dalam keadaan basah.

Perhatikan juga kualitas dari bahan sehingga tidak mudah rusak dan nyaman ketika digunakan. Meski harus mengeluarkan uang sedikit lebih mahal namun jika mendapatkan keset berkualitas akan awet sehingga Anda tidak harus segera membeli kembali.

4.    Mudah dibongkar pasang

Dapur sangat rentan menjadi sumber kuman, apalagi jika kebersihannya kurang, termasuk di pada keset yang diletakkan di area tersebut. Anda perlu menjadwalkan berapa untuk membongkar dan membersihkan keset sehingga tidak menjadi sarang kuman.

Agar lebih mudah untuk membersihkan keset kaki dapur, pilihlah jenis yang mudah untuk dibongkar pasang. Pada saat membelinya, Anda bisa mencoba dengan meletakkan keset di lantai kemudian mengambilnya.

Untuk beberapa produk dengan bahan atau desain khusus ada cara tertentu sehingga Anda mudah membongkar pasang dan membersihkannya. Sebaiknya Anda tanyakan pada pramuniaga dan membaca label yang ada di produk pada saat membelinya.

5.    Cara perawatan

Berikutnya yang tidak kalah penting adalah cara merawat keset tersebut. Beberapa bahan membutuhkan perlakuan khusus agar bisa bersih sempurna, seperti menambahkan bahan tertentu atau merendamnya dengan menggunakan air panas. Baca deskripsi mengenai produk yang disertakan oleh penjual pada saat Anda membelinya.

Manfaat Kegunaan Keset Kaki Dapur

Penggunaan keset kaki untuk lantai multifungsi. Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat sekaligus sehingga sebaiknya Anda melengkapi area dapur dengan produk tersebut. Beberapa kegunaan dari keset dapur adalah:

1.    Menjaga permukaan lantai agar tidak licin

Lantai yang licin sangat berbahaya sebab dapat menyebabkan Anda terpeleset dan berakibat fatal. Melapisi lantai dapur dengan produk keset terbaik bisa membantu Anda menjaga agar lantai tetap kesat dan menyerap basah sehingga tidak licin.

2.    Menjaga kebersihan

Kebersihan dapur sangat penting karena berkaitan dengan kesehatan. Dapur merupakan area yang rentan menjadi sarang kuman karena sampah dan beberapa area yang lembab. Dengan memasang keset kaki menjadikan permukaan lantai tetap bersih sehingga dapat meminimalkan adanya kuman penyakit.

3.    Mempercantik dapur

Kegunaan keset dapur berikutnya adalah membuat area dapur terlihat semakin cantik. Apalagi saat ini banyak produk estetik yang bisa menjadi pilihan. Anda dapat menyesuaikan dengan keinginan dan konsep dari dapur sehingga area ini tidak hanya cantik tetapi semakin nyaman.

Anda tidak perlu bingung untuk memilih dan membeli keset dapur karena tersedia di Blibli. Marketplace satu ini menyediakan aneka produk dengan lengkap, baik desain, bahan maupun ukuran. Harga yang ditawarkan oleh seller Blibli juga sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan.

Berbelanja di Blibli aman dan cepat. Ada banyak pilihan cara pembayaran yang memudahkan Anda untuk menyelesaikan pembelian. Segera pilih keset kaki dapur terbaik yang Anda inginkan dan pesan di Blibli. Seller terpercaya akan segera mengirimkan ke alamat Anda begitu selesai melakukan pembayaran, jadi tidak perlu menunggu terlalu lama untuk bisa memasangnya di dapur Anda. (Ay/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button