Daerah

Tolak Bala, Pemdes Simbatan Gelar Ritual Bersih Desa

BeritaNasional.ID, Magetan – Pemerintah Desa Simbatan, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan menggelar Bersih Desa dan Ritual Kuras Sumber Air Dewi Sri yang digelar di Situs Petirtaan Dewi Sri di Desa Simbatan. Jumat (18/9/2020).

Dr. M. Nur Hidayat. CN, ST.,MMT, Kepala desa Simbatan mengatakan acara itu merupakan perayaan ritual bersih desa setiap tahun yang biasanya digelar saat hari Jumat Pahing pada bulan Muharam menurut kalender Jawa.

Meskipun ditengah musibah pandemi Covid 19. Ritual itu tetap dilakukan walau tak semeriah tahun sebelumnya, dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Tujuannya utamanya adalah untuk membersihkan warga desa secara jasmani dan rohani. Namun biasanya warga mengidentifikasikan untuk menjauhkan dari mara bahaya atau tolak bala.

Acara puncak dari ritual di Situs Pertirtaan Dewi Sri tersebut adalah warga Desa Simbatan menarikan ikan-ikan penghuni kolam Dewi Sri atau menari dengan ikan diiringi tembang Jawa yang dinyanyikan oleh dua sinden.

Semenetara itu, Sumiran, tokoh masyarakat dan penjaga petirtaan Dewi Sri mengatakan Ikan-ikan di kolam Dewi Sri itu dianggap keramat oleh warga setempat. Ikan tersebut sengaja diajak menari sebagai bentuk penghormatan kepada Dewi Sri.

Tradisi yang telah berlangsung cukup lama tersebut merupakan salah satu wujud melestarikan budaya peninggalan leluhur pada zaman dahulu. (ik/ary/is)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close