HeadlineNasionalPemerintahanTNI Dan Polri

Tonny Harjono Resmi Dilantik Sebagai KSAU Oleh Presiden RI

BeritaNasional.ID, Jakarta — Setelah menunjuk Marsekal Madya (Marsdya) TNI Mohamad Tonny Harjono untuk menggantikan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang akan pensiun pada 9 April mendatang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) siang ini resmi melantik Tonny sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) di Istana Negara Jakarta, Jum’at (5/4) pagi.

Pelantikan Tonny dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20/TNI/Tahun 2024 yang ditetapkan di Jakarta tanggal 25 Maret 2024.

Usai pembacaan Keppres, Presiden Jokowi melakukan penyematan tanda jabatan, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah atau janji jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” demikian Presiden mendiktekan sumpah atau janji jabatan kepada Tonny.

Tonny kemudian melakukan penandatanganan berita acara yang disaksikan oleh Presiden Jokowi, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Presiden Jokowi kemudian melakukan penanggalan dan penyematan tanda pangkat dan jabatan kepada Tony.

Bersamaan dengan pelantikan tersebut , Tonny Harjono mendapatkan kenaikan pangkat dari Marsekal Madya menjadi Marsekal. Kenaikan pangkat ditetapkan melalui Keppres Nomor 26 TNI Tahun 2023 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Sebelumnya, Tonny menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II. Dirinya juga pernah menduduki jabatan sebagai Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres).

Acara pelantikan juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, serta para menteri, antara lain Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan  (Polhukam) Hadi Tjahjanto, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Sekretaris Kabinet (Setkab) Pramono Anung dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.

(Ay/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button