DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Tradisi Asatan Sungai Sampaean Baru, Berkah Bagi Ratusan Warga Situbondo

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id-Tradisi asatan air Sungai Sampaean Baru menjadi berkah tersendiri bagi anak-anak, remaja, orang dewasa hingga ibu-ibu untuk berburu ikan yang mabuk, Senin (7/11/2022).

Ratusan masyarakat dari berbagai daerah di Situbondo ini menelusuri aliran Sungai Sampean Baru yang aliran airnya diasatkan atau dikecilkan. Dengan demikian, air menjadi keruh dan bercampur. Sehingga, ribuan ikan mulai dari nila, mujair, tawes hingga lele dalam mabuk dan ditangkap oleh masyarakat.

Keterangan yang disampaikan Kiki, warga Dusun Dam Bantungan, Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan mengatakan bahwa, dirinya setiap musim asatan sungai selalu mencari ikan disepanjang aliran Sungai Sampaen Baru. “Hasil dari mencari ikan tersebut dimasakan sendiri dan lebihnya di jual,” ujarnya.

Kiki menjelaskan bahwa, pihaknya mencari ikan ketika asatan Sungai Sampaean Baru sejak usia anak-anak hingga kini sudah berkeluarga. “Ada kesenangan tersendiri ketika mencari ikan ketika Sungai Sampaean Baru diasatkan,” terang Kiki.

Menurut Kiki, ikan yang dicari berukuran setelapak tangan. “Ini ada ikan nila lumayan besar seukuran telapak tangan sebanyak 12 ekor. Tapi yang paling banyak ikan tawes ukurannya sekitar dua hingga tiga jari yang berhasil saya tangkap,” pungkas Kiki.

Publisher         :Heru Hartanto

Pewarta           :As’ad Zuhadi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button