Headline

TRC SATLINMAS Kabupaten Bone Bolango Resmi Dilantik dan Dikukuhkan

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Tim Reaksi Cepat (TRC) Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Desa/Kelurahan se Kabupaten Bone Bolango resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Bupati Bone Bolango yang diwakili oleh Assisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Bone Bolango, Aznan Nadjamudin, yang digelar di Aula Pertemuan KSP Kartini Kecamatan Kabila, Kamis (23/2/2023).

Untuk diketahui personil TRC Satlinmas di Desa/Kelurahan ini sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Daerah dalam mengawal pelaksanaan Perda dan Perkada. Jumlah personil TRC Satlinmas ini sebanyak 165 orang, sejumlah Desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten Bone Bolango.

Selain itu, Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Bone Bolango, Fredy Lasut, mengungkapkan bahwa kehadiran TRC Satlinmas berfungsi sebagai informan Ketentraman Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat (Trantibumlinmas) bagi Pemerintah di tingkat Desa.

“Diharapkan dari kegiatan ini adalah terdeteksi sejak dini dan update situasi dan kondisi wilayah yang rawan trantibumlinmas,”ungkap Fredy saat memberikan sambutan.

Sementara itu Assisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Bone Bolango Aznan Nadjamudin meminta kepada personil TRC harus cepat dalam menangani masalah atau musibah yang terjadi di Desa.

“Namanya saja Tim Reaksi Cepat, jadi harus cepat tanggap terhadap segala peristiwa yang terjadi di Desa,”ujar Aznan saat memberikan sambutan.

Aznan juga meminta kepada Pemerintah Desa untuk memfasilitasi personil TRC dalam melaksanakan tugas dilapangan.

“Pemerintah Desa harus siapkan anggaran melalui Dana Desa untuk fasilitas dan honor TRC. Karena mereka (TRC) ini ujung tombak pemerintah di Desa,” imbuhnya.

Selain kepada Pemerintah Desa, Aznan juga menekankan kepada para Camat agar memperhatikan personil TRC di masing-masing kecamatannya.

“Para Camat juga harus perhatikan TRC. Dan sebaiknya Posko Induk TRC harus di Kantor Camat,”sambungnya.

Untuk meningkatkan kapasitas dan keahlian personil TRC, Aznan mengusulkan agar personil TRC Satlinmas ini mengikut pendidikan dan latihan.

“TRC Satlinmas ini harus ikut Diklat. Agar mereka memiliki kemampuan dan keahlian yang mumpuni dalam melaksanakan tugasnya,”pungkasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button