Maluku

Tunjang Pelayanan Kesehatan, Pemdes Golapapo Sediakan Mobil Ambulance

Beritanasional.ID, Halmahera Timur – Upaya memenuhi kebutuhan warga di bidang kesehatan, Pemdes dan warga Desa Golapapo, Kecamatan Wasile, Kabupaten Halmahera Timur, membeli mobil ambulance untuk melayani keperluan warga.

“Ambulance akan digunakan untuk kepentingan warga berobat dan sakit kronis apabilah dirujuk kerumah sakit maka ini menjadi kepentingan semua warga,” jelas Kepala Desa Golapapo, Amos Magaribu.

Mobil ambulance ini diperoleh dengan menggunakan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020, yang merupakan hasil musyawarah bersama Desa Golapapo.

Kades menjelaskan bahwa desanya pernah mengalami keterlambatan saat masyarakat yang sakit kronis dan harus dirujuk ke puskesmas atau rumah sakit.

“Sudah beberapa waktu lalu ada warga saya yang meninggal itu dikarenakan keterlambatan untuk membawa pasien kronis yang seharusnya mendapatkan pelayanan medis, dari hal-hal itu maka saya selaku Kades dan seluruh masyarakat mengadakan rapat untuk memutuskan Desa Golapapo akan membeli mobil Ambulance untuk pelayanan pengobatan masyarakat,” tuturnya.

Ia pun menambahkan bahwa armada ambulance dan drivernya siap siaga 24 jam dan terparkir di kantor desa.

Pelayanan ambulance diberikan secara gratis. Warga setempat yang butuh berobat, baik itu dalam keadaan darurat atau untuk rawat jalan ke rumah sakit tidak repot lagi menunggu ambulance dari Puskesmas.

Terakhir Emos mengatakan bahwa terkadang ambulance di rumah sakit atau Puskesmas sibuk untuk menjemput atau mengantar pasien.

“Atas dasar itu kami bermusyawarah untuk menyediakan mobil ambulance desa dan saat diusulkan ternyata masyarakat juga menginginkan hal sama,” tutupnya. (Riski Ismail)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close