Jawa Timur

Unik Desa Banjarwaru Laksanakan Upacara Kemerdekaan HUT ke 77 Dengan Pakaian Arwah

BeritaNasional.ID Lumajang- Upacara kemerdekaan RI ke 77 di laksanakan di Desa Banjarwaru kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang, upacara di laksanakan dengan berpakaian unik dan tradisional, di ikuti oleh seluruh warga desa Banjarwaru Rabu (17/08/2022) pukul 07.00. Keanekaragaman pakaian tradisional hingga keunikan pakaian pocong dan berbagai pakaian hantu (Arwah) di pakai oleh peserta upacara.

Aris salah satu peserta dari RW 01 mengatakan upacara sa’at ini adalah upacara kemerdekaan juga mengenang jasa jasa pahlawan Nasional.

“Iya ini adalah upacara kemerdekaan RI ke 77 kami dari RW 01 desa Banjarwaru memakai pakaian unik yaitu pakaian pocong dan lain lain juga ada yang berpakaian tradisional bertujuan untuk mengenang jasa jasa pahlawan nasional yang telah gugur di Medan perang dan juga ingin mendapatkan hadiah juga karena ada penilaian beberapa kriteria dari dewan juri yang perpakaian unik mendapatkan hadiah kreteria tersebut”. Jelasnya

Di tempat yang sama Kepala desa Banjarwaru Samsul menyampaikan kegiatan upacara yang di lakukan di depan lapangan Sangku mini Soccer adalah rangakaian dari beberapa acara di desa Banjarwaru untuk memperingati HUT RI ke 77.

“Ini adalah serangkaian dari kegiatan untuk memperingati HUT RI ke 77 ini, Kita melakukan kegiatan jadi salah satunya adalah upacara pengibaran Bendera merah putih yang dilaksanakan di depan Sangku mini Soccer, kita mengajak pak RT pak RW BPD waktu dibantu sama adik-adik KKN dari unit Jember dan masyarakat Banjarwaru, Alhamdulillah ada beberapa kriteria yang kita nilai yang pertama adalah jumlah anggota pleton yang terbanyak dan pakaian yang paling unik kita kasih rangsangan dorpares alasannya adalah masyarakat Banjarwaru ini tidak melihat dari apa latar belakang pendidikan pekerjaan lah semuanya kita ajak ke sini untuk ikut upacara, semuanya pakai bebas”. Paparnya

Samsul juga berharap masyarakat khususnya masyarakat desa Banjarwaru bisa meningkatkan rasa nasionalisme.

“harapannya masyarakat Banjarwaru dengan pemerintah Desa ini untuk meningkatkan rasa nasionalisme” pungkasnya (Rhm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button