GorontaloHeadline

Upaya Wujudkan Satu Data Indonesia, BPS Bone Bolango Gelar Rakor Regsosek Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Bone Bolango

BeritaNasional.ID, Kota Gorontalo – Badan Pusat Statistik Kabupaten Bone Bolango menggelar Rapat Koordinasi Registrasi Sosial Ekonomi (Rakor Regsosek) Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Bone Bolango yang berlangsung di ballroom Grand Q Hotel Kota Gorontalo, Selasa, (20/9/2022).

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bone Bolango, Suparno, saat diwawancarai awak media usai kegiatan mengatakan bahwa Rakor Regsosek Tahun 2022 ini merupakan koordinasi antara BPS Bone Bolango dengan para pimpinan OPD, Camat serta Kepala Desa dan Lurah se Kabupaten Bone Bolango sebagai tindak lanjut dari amanat Presiden Republik Indonesia saat menyampaikan Nota RAPBN pada rapat paripurna DPR pada tanggal 16 Agustus 2022 yang lalu.

“Presiden menyampaikan kepada BPS agar melaksanakan Regsosek di tahun ini (baca:2022),”kata Suparno.

Suparno juga menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan data penyaluran program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat menjadi Satu Data Indonesia (SDI).

Menurutnya saat ini hampir semua kementerian itu masing-masing memiliki pendekatan yang berbeda untuk mendapatkan data sehingga di lapangan sering terjadi tumpang tindih data.

“Dengan Regsosek ini, kedepan semua data bermuara di data hasil Regsosek,”ujarnya.

Suparno juga mengungkapkan bahwa dalam pendataan Regsosek ini, BPS Bone Bolango menggandeng Pemerintah Kecamatan dan Desa sebagai salah satu pihak yang akan mendapatkan impact (dampak) dari hasil pendataan Regsosek ini.

“Kami juga melibatkan pemerintah Desa dan Kecamatan untuk sama-sama melakukan pengawalan terhadap pendataan ini sehingga akan didapatkan data yang akurat sebagai rujukan dalam penyaluran program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat di wilayahnya masing-masing,”tandasnya.

Untuk mendukung kegiatan pendataan Regsosek ini, Suparno menyebutkan bahwa pihaknya telah menyiapkan 314 orang petugas pendata yang tersebar di seluruh Desa dan Kelurahan di Kabupaten Bone Bolango. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button