BatubaraDaerah

Usai Diserang DBD, Pemukiman Warga di Fogging

BeritaNasional.ID, BATU BARA SUMUT – Demam Berdarah Dengue (DBD) menyerang warga, petugas Dinas Kesehata P2KB Batubara bersama Puskesmas Labuhan Ruku melakukan fogging atau pengasapan di areal pemukiman warga di Kelurahan Labuhan Ruku Kecamatan Talawi, Rabu (04/10/2023).

Petugas fogging di sekitar gang dan rumah penduduk yang berada di Komplek Perumahan Sirih Nazfa Indah Jl H Maulana, Lingkungan VI, Kelurahan Labuhan Ruku.

Fogging ini dilakukan sehubungan adanya seorang warga terindikasi terserang DBD yang sempat menjalani perawatan medis, kondisinya kini telah membaik, bahkan dikabarkan sudah beraktivitas kembali bekerja seperti biasa.

Salah seorang warga mengatakan, korban terserang sakit demam minggu lalu, sedangkan hasil lab baru diketahui kemarin, sehingga dikhawatirkan nyamuk atau jentik DBD sempat berkembang biak, baru dilakukan tindakan pengasapan.

“Iya pak hasil laboratorium (lab) warga yang terserang DBD diketahui kemarin, dan kita langsung turun melakukan pengecekan dan penanganan di lapangan berupa pengasapan/fogging hari ini,” sebut Kepala Puskesmas Labuhan Ruku dr. Sarbaini dikonfirmasi wartawan via telepon.

Fogging dapat dilakukan dengan tiga syarat yakni ada penderita DBD (hasil laboratorium), ada demam yang lain, dan ada jentik DBD (PE).

Sebelumnya, seorang anak warga Desa Pahang Kecamatan Talawi juga terserang DBD dan tempat tinggalnya lingkungan sekitar maupun sekolah turut difogging dengan bahan insektisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk khususnya pembawa (vektor) penyakit Deman Berdarah Dengue. (Fitrah)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button