DaerahJawa TimurPolitikRagamSitubondo

Usai Ujian Tes Tulis Calon PPS, KPU Situbondo Musnahkan Berkas

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Usai ujian tes tulis calon panitia pemungutan suara (PPS), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Situbondo memusnahkan berkas soal tes tulis calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu Tahun 2024, Selasa (10/1/2023).

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM pada KPU Situbondo, Imam Nawawi mengatakan, pemusnahan berkas tersebut dilakukan seusai pelaksanaan tes tulis calon PPS yang dilakukan di empat zona. “Pemusnahan kami lakukan dengan cara dibakar yang disaksikan 1361 peserta calon PPS. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyalagunaan soal ujian dikemudian hari,” kata Imam Nawawi kepada sejumlah Wartawan.

Lebih lanjut, Imam menjelaskan, pemusnahan berkas tersebut dilakukan di zona satu, yakni di SMP Negeri 1 Asembagus yang meliputi Kecamatan Banyuputih, Asembagus, Jangkar, Arjasa dan Kapongan. Untuk zona dua, pemusnaan di Kampus UNARS meliputi Kecamatan Situbondo, Mangaran, Panji dan Panarukan.

Selanjutnya, di zona tiga, pemusnahan berkas dilakukan di SMP Negeri 1 Mlandingan meliputi Kecamatan Kendit, Mlandingan, Suboh dan Bungatan. Sedangkan, zona empat, pemusnahan berkas dilakukan di SMP 3 Besuki, melibuti Kecamatan Banyuglugur, Besuki, Sumbermalang, Jaribanteng.

“Ini kami lakukan agar pelaksanaan tes tulis calon PPS ini berlangsung transparan, terbuka dan objektif. Yang buat soal tes ini KPU RI dan soalnya baru turun H-1 sebelum pelaksanaan tes tulis calon PPS dilaksanakan. Hal itu, sesuai dengan peraturan KPU RI. Untuk pengumumannya Insyaallah pada tanggal 18 Januari 2023 mendatang,” pungkas Imam Nawawi.

Publisher             :Heru Hartanto

Pewarta               :As’ad Zuhadi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button