Politik

Usulkan Putera Bonpes jadi Cawabup, Partai Gelora dan Hanura Siap Memenangkan Merlan di Pilkada Bone Bolango

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO GORONTALO — Dukungan kepada Merlan Uloli untuk maju sebagai Calon Bupati pada Pilkada Bone Bolango datang dari Partai Gelora dan Hanura.

Hal ini terungkap saat para pengurus kedua partai ini melakukan pertemuan tatap muka dengan Merlan Uloli, Senin (7/5/2024).

Dalam pertemuan tersebut, kedua partai ini mengusulkan figur calon wakil bupati yang akan mendampingi Merlan Uloli pada Pilkada mendatang. Dari Partai Gelora sendiri dua nama yang diusulkan yaitu Syamsu Botutihe dan Jusni Bolilio. Keduanya merupakan putera asli Bonepesisir.

“Jika sekiranya salah satu diantara dua kader kami ini yang akan dipilih sebagai calon wakil bupati, maka kami (Partai Gelora) se Provinsi Gorontalo akan all out baik tenaga, pikiran dan biaya untuk memenangkan pasangan ini,” ungkap Ketua DPW Partai Gelora Provinsi Gorontalo Iman Hadi Waluyo.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Ketua DPD Partai Gelora Kabupaten Bone Bolango, Umar Ibrahim.

Menurutnya, siapapun kadernya yang nanti akan dipilih oleh Merlan sebagai pendampingnya di Pilkada nanti, Partai Gelora akan berjuang untuk memenangkan pertarungan di Pilkada nanti.

“Siapapun nanti yang dipilih untuk jadi calon wakil bupati, kami (Partai Gelora) telah sepakat untuk mendukung penuh Merlan Uloli,” kata mantan aleg Bone Bolango ini.

Senada dengan Partai Gelora, Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Bone Bolango Apik Alaina juga mengatakan hal yang sama. Sebagai putera asli Suwawa ia cenderung mendukung calon wakil bupati yang berasal dari wilayah Bonepesisir.

“Jadi kalau bicara orang Suwawa mendukung orang Bonepesisir itu wajar karena itu Suwawa dan Bonepesisir itu ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan,” ujarnya.

Terkait dengan dukungan kepada Merlan Uloli sebagai Calon Bupati, salah satu pengusaha tambang Suwawa ini menegaskan bahwa Partai Hanura dan Partai Gelora telah membangun sebuah komunikasi dan koalisi politik di legislatif termasuk koalisi untuk dukungan di Pilkada.

“Jadi kami Partai Hanura akan bersama dengan Partai Gelora untuk dukungan pada Pilkada,” tandasnya.

Menanggapi pernyataan dari kedua pimpinan partai ini, Merlan Uloli pun menyampaikan apresiasinya atas dukungan kepadanya sebagai calon bupati. Namun terkait siapa figur yang nanti akan menjadi calon wakil bupati, Ketua Garnita Partai Nasdem Provinsi Gorontalo ini mengatakan bahwa sebagai kader partai ia menyerahkan keputusan partainya meski ia sendiri ikut menentukan.

“Untuk siapa yang ditunjuk oleh wakil bupati itu ada mekanisme sendiri penentuannya oleh Partai Nasdem. Meski saya juga ikut menentukan bersama kaka Rahmat Gobel,” ungkapnya.

Selain itu, kata Merlan, hasil survey juga akan menentukan siapa yang bakal diusulkan oleh Partai Nasdem sebagai calon wakil bupati.

“Kita (Nasdem) juga ada survey untuk calon bupati dan calon wakil bupati,” ujarnya.

Meski demikian, Merlan pun menegaskan bahwa dinamika politik sangat memungkinkan siapa saja yang bakal menjadi pendampingnya di Pilkada nanti.

“Semuanya sangat dinamis, jadi siapa saja berpeluang. Namun semua ada mekanisme politik yang berlaku di Partai Nasdem,” tutupnya.

(Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button