DaerahJawa TimurRagam

Wabup Bondowoso Minta ASN Harus Mempunyai Etika

BONDOWOSO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id Wakil Bupati Bondowoso H. Irwan Bachtiar Rahmat, SE, MSi menilai, sikap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bondowoso yang menjadi Tim Panitia Seleksi (Pansel) di Kabupaten Situbondo, diduga tidak izin kepada Bupati Bondowoso Drs. KH. Salwa Arifin, tidak beretika.

Irwan, sapaan Wabup Bondowoso mengaku kecewa terhadap sekap Sekda Drs. H. Bambang Sukwanto yang tidak punya etika birokrasi. Sejatinya, seorang top birokrat, jika ada kegiatan di luar tugasnya di luar kota harus ijin kepada atasannya. Apalagi pejabat sekelas Sekda.

“Kalau orang nomor 1 ASN Pemkab mempunyai kegiatan lain di luar kota dan itu, harus minta izin kepada Bupati. Sebagai ASN harus mempunyai etika,” kata Irwan dihadapan sejumlah wartawan, Sabtu, (21/1/2023) malam.

Sebagai Wabup, sambung Irwan, jika ada kegiatan resmi di luar kota saja, pasti memberitahu kepada Bupati. Sebagai etika bawahan kepada atasan. Apalagi sekelas Sekda dan bukan tugas Pemerintah lagi, etikanya harus minta izin kepada bupatinya.

Irwan menghimbau kepada seluruh ASN Pemkab Bondowoso agar bertika dan ikuti aturan birokrsai. Sebagai ASN harus memberikan contoh yang baik pada masyarakat, jangan justeru sebaliknya. “Sebagai ASN harus bisa memberikan suritauladan kepada masyarakat,” pungkas Wabup Bondowoso.

Keterangan yang berhasil dihimpun media ini menerangkan bahwa, Sekda Bondowoso menjadi Tim Pansel Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Kabupaten Situbondo tahun 2022, dibenarkan oleh pengakuan sejumlah pejabat yang menjadi peserta asesment. Salah satu Pansel asesment tersebut salah satunya Drs. H. Bambang Sukwanto, Sekda Bondowoso.

“Ia benar, ketika saya menjalani proses asesmen, yang menjadi asesor Sekda Situbondo Wawan Setiawan bersama Timnya dari Jember, dan Sekda Bondowoso Bambang Sukwanto,” jelas peserta asesmen berinisial D, melalui telepon selulernya.

Sementara, Sekda Bondowoso saat dikonfirmasi soal isu menjadi Tim Pansel dan tidak mengantongi ijin dari Bupati Bondowoso tersebut, belum memberikan keterangan. Hingga berita ini diterbitkan, belum ada klarifikasi dari Bambang Sukwanto untuk memberikan penjelasan.

Pewarta           :Samsul Arifin

Publisher         :Heru Hartanto

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button