Jawa TimurProbolinggo

Wali Kota Probolinggo Dukung Sekolah Tangguh Bencana, Bangun Kemandirian Peserta Didik Lewat SPAB

BeritaNasional.ID, PROBOLINGGO JATIM – BPBD Kota Probolinggo menyelenggarakan kegiatan pembentukan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di SMPN 5 Kota Probolinggo.

Kegiatan tersebut rencana akan berlangsung selama dua hari, mulai 7-8 November 2023.

Sugito Prasetyo sebagai Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD mengulatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya satuan pendidikan dalam penanggulangan dan pengurangan risiko bencana,” ucapnya

Sugito,selain itu, juga dapat membangun komitmen satuan pendidikan dalam meningkatkan kualitas sarana dan prasarana agar aman terhadap bencana.

Kegiatan ini bentuk perlindungan dan keselamatan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari dampak bencana di lingkungan satuan pendidikan.

Serta dapat membangun kemandirian satuan pendidikan dalam menjalankan program SPAB,” ujarnya

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai bekal kesiapsiagaan dalam menghadapi resiko bencana

Menurutnya, kesiapsiagaan menjadi kewajiban setiap orang agar siap menghadapi sebuah tantangan apapun. Baik dari aspek kebencanaan maupun sosial.

Melalui kegiatan ini akan membentuk karakter yang responsif dan peka terhadap situasi dan kondisi di sekitarnya.

Kegiatan ini diselenggarakan di sekolah-sekolah karena siswa menjadi harapan dan bisa membantu orang-orang yang lebih tua atau yang membutuhkan bantuan,” ungkapnya.

Kepala SMPN 5 Kota Probolinggo Zubaidah menyatakan SMPN 5 Kota Probolinggo terus rutin menyelenggarakan kegiatan ini dengan bekerjasama dengan BPBD.

Harapan saya ingin membentuk karakter peserta didik menjadi karakter yang bertanggung jawab dan bergotong royong. Muncul rasa saling tolong-menolong terutama ketika ada bencana, mereka mampu berpikir bagaimana untuk mengatasinya,” katanya

***yul

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button