DaerahJawa TimurReligiWisata

Warga Bondowoso Banyak Berziarah Ke Makam RBA Ki Ronggo Usai Lebaran

Berita Nasional.ID, Bondowoso Jawa Timur – Pada hari ke 9 paska lebaran, warga Bondowoso melakukan ziarah ke makam Raden Bagus Asra (RBA) Ki Ronggo, pembabat tanah Bondowos di Desa Sekarputih. Saat ini makam RBA Ki Ronggo dijadikan destinasi wisata religi oleh Pemkab Bondowoso.

Diantaranya komunitas pengajian yang tergabung dalam Mona Bordir. “Kami rutin hadir ke makam ini sejak lima tahun yang lalu. Kita melaksanakan pertemuan dengan teman-teman setelah sepekan idul Fitri. Karena teman-teman masih sibuk dengan keluarganya masing masing, “ucap Mona, penggagas pengajian tersebut.

Kami, lanjutnya, sebelum ke makam RBA Ki Ronggo berziarah ke makam Kyai Alwy, sesepuh Kelurahan Curahdami.

Ditempat yang sama, Norahman, juru kuncinya mengatakan, seusai sholat idul Fitri kemarin sampai hari ke sembilan ini, peziarah dari luar kota banyak yang datang untuk ziarah ke makam leluhurnya yang dimakamkan diarea pesarean RBA Kironggo.

Makam RBA Kironggo cukup nyaman untuk diziarahi, karena suasananya yang sejuk. Ada tumbuhan besar dan rindang, area parkir bagi roda empat dan roda dua yang luas dan fasilitas lainnya. Hal ini yang mendukung suasana destinasi wisata religi RBA Kironggo layak dikunjungi bila datang ke kota Bondowoso. (Iqbal Tarkat Jr)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button