Daerah

Upacara Hari Otda XXVII Kab.Sinjai: Otonomi Daerah Maju Indonesia Unggul

BeritaNasional.ID, Sinjai – Pemerintah Kota (Pemkot) Sinjai menggelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII Tahun 2023 Tingkat Kota Sinjai di Halaman Kantor Bupati Tanassang, Sabtu (29/04/23). Kegiatan turut dihadiri Sekretaris Daerah Kota Sinjai, Pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, memimpin upacara. Tema Hari OTODA kali ini adalah “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”. Dengan tema tersebut diharapkan tujuan utama Otonomi Daerah, yaitu Otonomi Daerah Sebagai Modal Besar Ciptakan Indonesia Maju dan Sejahtera, dapat terwujud.

Kemudian, dalam rangkaian acara Puncak Peringatan Otda kali ini, Jefrianto Asapa membacakan sambutan seragam Menteri Dalam Negeri.

“Esensi filosofis dari Otonomi Daerah adalah desentralisasi kewenangan agar daerah mencapai kemandirian fiskal. Salah satunya yaitu dengan menggali potensi sumber daya yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)”. Jelasnya

Otonomi daerah telah memberikan dampak positif,setelah 27 tahun berlalu. Hal ini dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka indeks pembangunan manusia (IPM), bertambahnya pendapatan asli daerah (PAD) dan kemampuan fiskal daerah.

Menanggapi hal tersebut Jefrianto Asapa juga menyampaikan apresiasinya kepada daerah-daerah otonom baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya.

Tetapi ada data yang menunjukan bahwa filosofi dari tujuan otonomi daerah belum sepenuhnya mencapai hasil yang diharapkan. Berdasarkan data Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri selama kurun waktu tersebut, terdapat beberapa daerah yang memiliki PAD dibawah 20 persen dan menggantungkan keuangannya pada pemerintah pusat melalui transfer ke daerah dan dana desa (TKDD).

Terlepas dari itu semua, peningkatan IPM Dan PAD diharapkan dapat diwujudkan melalui program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button