Daerah

Warga Kagum Wajah Baru Desa Mereka, Pencapaian Kegiatan TMMD Reg Ke-112 Kodim 1203/Ktp, Korem 121/Abw Sudah 90%

BeritaNasional.ID – KERAPANG, KALBAR, – Desa Riam Bunut memang tak menawarkan kehidupan yang serba lengkap seperti diperkotaan. Lapangan kerja yang terbatas, listrik yang belum merata distribusinya, sinyal HP pun mati-nyala.

Namun, kini siapa sangka semenjak kehadiran Satgas TMMD Reg ke-112 Kodim 1203/Ktp, wilayah Korem 121/Alambhana Wanawai, desa tersebut sudah disulap menjadi menawan.

Sumringah wajah para warga desa tersebut kaget, kagum melihat desanya kali ini sudah berubah secara signifikan, oleh tangan lembut Satgas TMMD bersama warga.

Tanpa terasa akhirnya masuk pada hari ke-23 ini, realisasi pengerjaan sasaran fisik TMMD Reg ke-112, Kodim 1203/Ktp, Korem 121/Abw, mencapai 97 % pekerjaan fisik maupun non fisik.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tersebut digelar di desa Riam Bunut, Kec. Sungai Laur, Kab. Ketapang, terlihst perkembangan kegiatan pada Minggu (10/10/2021) luar biasa capai target yang maksimal.

Dari 6 Sasaran fisik sudah masuk tahap finishing, sedangkan sasaran non fisik seperti berbagai penyuluhan juga dilaksanakan seperti sosialisasi Stunting dan Sosialisasi Covid-19.

Seperti keterangan dari Pasiter Kodim 1203/Ktp, Kapten Inf. Yulianto dengan penuh kemantapan bahwa, 90% kegiatan TMMD Reguler ke-112 kali ini.

“Semua tidak lepas dari Loyalitas, Sinergitas dan semangat Satgas TMMD Reg Ke-112, Kodim 1203/Ktp bersama warga Desa Riam Bunut memang luar biasa,” kata Kapten Inf Yulianto.

“Program TMMD ini dapat berjalan baik berkat dukungan Pemda Ketapang dan masyarakat setempat,”imbuhnya.

*Satgas TMMD Laksanakan Korve*

Nampak beberapa Personel Satgas TMMD sedang melakukan kegiatan finishing dan juga melaksanakan korve atau kegiatan bersih bersih di sekitaran lokasi, pada Senin (11/10/2021).

Serma Heri Purwanto (Korlap) TMMD menjelaskan tentang korve adalah kata yang sering digunakan Prajurit untuk kegiatan bersih bersih.

Terlihat Satgas TMMD dan Warga bersemangat dalam kegiatan korve membersihkan semua sampah material pengerjaan di lokasi TMMD.

Pembangunan seperti jalan rabat beton, rehab RTLH, rehab TPA, Pemasangan PJU, Gorong-gorong, dan Pos Kamling sudah hampir rampung.

Selain itu sasaran Non fisik lainya telah menjadi spirit baru untuk terus melestarikan semangat gotong royong sehingga dapat terwariskan kepada generasi bangsa.

*Warga Desa Kagum Melihat Perubahan Wajah Desanya*

Sementara Supardi, Kepala Desa Riam Bunut menyampaikan, terima kasih atas pencapaian pembangunan di desanya.

“Sisi lain dari kegiatan TMMD, dapat mendekatkan hubungan antara TNI dan Rakyat ini yang disebut wujud nyata sinergitas,” ujar Supardi.

Pada Minggu 11, Oktober, 2021 yang tinggal beberapa hari lagi rombongan Satgas TMMD dari Kodim 1203/Ketapang agar segera meninggalkan desa mereka.

Dari sisi hasil pembangunan di desa mereka, tentu membawa kegembiraan ,namun di sisi lain warga desa juga sedia, haru karena akan ditinggalkan Satgas TMMD.

Warga desa Riam Bunut tak sanggup untuk meluapkan kegembiraan tatkala melihat jalan sepanjang 1 Km sudah dirabat beton.

Jalan yang dulu becek ketika turun hujan, serta berdebu ketika panas kini tampak begitu padat dan mulus untuk dilalui.

Jalan desa yang nyaman ditambah lagi dengan lampu penerangan jalan umum (PJU) sejumlah 10 titik sudah terlihat indah saat dimalam hari.

*Danrem 121/Abw Apresiasi TMMD Ketapang*

Melihat keberhasilan Satgas TMMD Reg ke-112 Kodim 1203/Ketapang dalam melakukan pengerjaan fisik dan berbagai penyuluhan di lingkungan tempat lokasi sasaran Danrem 121/Alambhana Wanawai Brigjen TNI Dr.Ronny,S.A.P., M.M, sangat memberikan apresiasi.

Jenderal bintang satu tersebut tak menyangka bahwa, jika ini adalah perkampungan biasa dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah. Kini mampu disulap dalam jangka waktu 30 hari melalui kegiatan TMMD.

Bahkan, Pimpinan utama di Korem 121/Abw tersebut mengatakan, ini sebagai keberhasilan program dari pemerintah Indonesia dalam upaya percepatan pembangunan melalui program TMMD.

TMMD merupakan program tahunan TNI untuk rakyat, dengan bersinergi antara pemerintah pusat, juga pemerintah daerah. Pelaksana program secara khusus dari setiap Satgas di satuan Kodim.

“Selain itu, TMMD adalah upaya TNI membangun pertahanan semesta, baik secara insfratruktur dasar, ekonomi, kesehatan hingga wawasan kebangsaan melalui berbagai penyuluhan yg dilaksanakan,” papar Jenderal Bintang Satu yang terkenal ramah tersebut.

“Tidak berlebihan jika keberhasilan TMMD kali ini adalah kerangka bangun dari kemanunggalan TNI bersama Rakyat,”pungkas Danrem 121/Abw.

Semangat kemanunggalan itu tercermin jelas dari tema yang diusung “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”, berbagai kegiatan secara efektif dilaksanakan selama 30 hari yaitu dari mulai tanggal 15, September, 2021 hingga berakhir nanti sampai tanggal 14, Oktober, 2021. (Fyan/Red)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button