Daerah

Warga Rt 01 Desa Cukir memperingati Tahun Baru Islam

 

BeritaNasional .ID, Jombang – Peringatan 1Syuro atau Tahun baru Islam 1 Syuro( 01 muharrom 1443) Hijriyah diperingati Sebagai upaya menyambut datangnya tahun baru Islam 1 Syuro1443 Hijriyah.

Di masa Pandemi Covid 19 ini diperingati secara sederhana oleh warga Rt.01 timur pasar Desa Cukir Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, yaitu dengan membaca sholawat nabi . Acara dihadiri oleh segenap warga Cukir .

Dalam acara sholawatan itu tetap mematuhi protokol kesehatan dengan jaga jarak , memakai masker , dan cuci tangan sebeggvjelis sholawat , ada puluhan orang yang hadir di acara yang digelar di rumah salah seorang warga. Senin ( 09/08/2021).

M. Nur Syueb, seorang warga menjelaskan , bahwa acara ini digelar sebagai upaya menghormati tahun baru Islam , meski dalam situasi Pandemi dan diterapkan ya PPKM kita tetap melaksanakan dengan catatan Protokol kesehatan tetap diberlakukan sesuai dengan himbauan dari pemerintah.

“Kita bermaksud melestarikan budaya Islam yang sudah berjalan sejak zaman pendahulu kita , jangan sampai tradisi ummat Islam yang sudah melekat erat dikalangan masyarakat ini luntur dan bahkan hilang tidak dikenal oleh anak -anak sekarang , kendati hanya diperingati secara sederhana seperti ini, yang penting tetap ada Tengger atau tanda bahwa setiap tanggal 01 Syuro itu juga merupakan tanun barunya ummat Islam,”jelasnya.( Mukti Abadi )

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button