ACEH

Warga Simeulue Saksikan Fenomena Gerhana Matahari lewat Teleskop

BeritaNasional.id-Simeulue – Hari ini Kamis, (26/12/19) masyarakat Kabupaten simeulue menyaksikan langsung fenomena luar biasa yakni gerhana matahari cincin.

“Ini sungguh suatu keajaiban yang luar biasa dan hal yang jarang terjadi fenomena seperti ini yang kebetulan bertepatan dengan hari mengenang smong(Tsunami) 15 tahun yang silam”tutur salah seorang warga Simeulue,Buyung.

“Semoga saja daerah kitasemua baik baik saja dengan fenomena ini yang bertepatan dengan ulang tahun gempa dan Tsunami inidan menambah ke imanankita kepada Yang Maha Kuasa”,lanjutnya.

Di Simeulue hari ini masyarakat dapat menyaksikan Gerhana matahari cincindi berbagai tempat,salah satunya seperti yang dilaksanakn di halaman Mesjid kota Baiturrahmah Sinabang.

Menurut keterangan dari salah satu Anggota badan hisab dan rukyat provinsi Aceh Suhrawadi Ilyas mengatakan, terjadi gerhana matahari cincin (GMC) Ini dari jam 11:00 WIB siang dan selesai nya gerhana matahari cincin ini jam 12:10 WIB.

“Jumlah alat yang digunakan untuk melihat gerhana matahari cincin ada 10 unit alat Teleskop yang ada di lokasi observasi,”tuturnya.

Ditempat yang sama, Ka Kanwil Kemenag provinsi Aceh, Drs.H.M.Daud saat di wawancarai oleh media mangatakan, selain 10 unit unit alat teleskop untuk melihat gerhana matahari cincin dan ada 500 Kecamata khusus melihat gerhana matahari cincin yang di bagikan kepada masyarakat yang berada di lokasi observasi.

“Alat teleskop ini memang khusus untuk melihat fenomena alam seperti gerhana matahari cincin yang terjadi pada hari ini kalau tidak ada alat ini tidak bisa melihat gerhana matahari cincin (GMC),”katanya.(Alis)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close