Jawa Tengah

Waspadai Merebaknya PMK, Polres Tegal Lakukan Tindakan Pencegahan di Lokasi Kandang Sapi

BeritaNasional.ID, Tegal – Sebagai upaya penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi, Polres Tegal melakukan tindakan pencegahan dan pendataan / mitigasi lokasi kandang sapi di tempat wisata Rojo Tater, Bogares, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jumat (8/7/2022).

Hal tersebut dilakukan dalam rangka Operasi Aman Nusa II tahun 2022 tentang penanganan PMK, termasuk menjelang Idul Adha 1443 Hijriyah.

Kapolres Tegal, AKBP Arie Prasetya Syafaat melalui Kepala Satuan Tugas Penanganan PMK Polres Tegal, AKP Surahno mengatakan, penindakan dikandang sapi dilakukan bertujuan untuk menjadikan hewan sehat, dan memberikan kekebalan dilingkungan sekitar kandang.

“Kami melakukan pengecekan dulu terhadap hewan ternak sapi sebanyak 30 ekor, namun keadaannya sehat tanpa terjangkit PMK,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, setelah dilakukan pengecekan, kegiatan berlanjut penanganan penyemprotan disinfektan disekitar kandang.

“Saat pelaksanaan, tidak ada pengunjung yang berada di lokasi karena ini kan tempat wisata, jadi kami sterilkan terlebih dahulu,” jelasnya.

AKP Surahno mengimbau kepada peternak, agar selalu melihat situasi dan kondisi serta perkembangan sapi terutama yang berkuku dua. Karena hewan yang berkuku dua seperti sapi, kerbau hingga lainnya gampang terjangkit PMK.

“Mohon segera melaporkan, seketika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan,” tandas AKP Surahno.

Selain dilakukan pengecekan sejumlah 30 ekor sapi, lanjut AKP Surahno, pihaknya juga turut melakukan pengecekan sejumlah 5 ekor rusa dilokasi tersebut.

“Alhamdulilah semuanya sehat dan aman serta sudah ditemukan adanya tenaga ahli hewan yang selalu mengawasi ternak untuk bisa selalu aman dan kondusif,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Kegiatan pengecekan, pemberian vaksin dan penyemprotan kandang turut dihadiri Tim Penanganan PMK Polres Tegal.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button