Jawa TengahTNI Dan Polri

Wujudkan Good Governance, Polres Tegal Sosialisasikan Rencana Penyerapan Dana Tahun 2023

BeritaNasional.ID, Tegal – Polres Tegal mengadakan sosialisasi rencana kegiatan dan Rencana Penyerapan Dana (RPD) tahun 2023, yang berlangsung di Gedung SSB Polres Tegal, Selasa (6/12/2022).

Dalam RDP tersebut, harus memperhatikan kalender Kamtibmas 2023 serta utamakan penyerapan anggaran yang menjadi skala prioritas dan maksimalkan penyerapan anggaran Tahun 2023 sesuai dengan target capaiannya.

Pada kesempatan sosialisasi ini, Polres Tegal mengundang Bupati Tegal yang diwakili oleh Assisten I, Dandim 0712 Tegal yang diwakili Kasdim, LSM Bakin, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Wartawan.

Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafa’at melalui Wakapolres Tegal Kompol Didi Dewantoro membuka sosialisasi yang sekaligus menyampaikan sambutan bahwa dalam pelaksanaan sosialisasi ini adalah bentuk transparansi Polres Tegal terhadap anggaran yang diterima di tahun 2023.

Sementara Kabagren Polres Tegal Kompol Supratman menyampaikan rincian Pagu alogar tahun 2023 Rp 75.559.172.000. Adapun rinciannya dari sumber Rupiah Murni (RM) sebesar Rp 71.676.717.000 dan sumber PNBP adalah Rp 3.882.455.000.

“Pagu alogar tahun 2023 bila di bandingkan dengan pagu alokasi tahun 2022 mengalami peningkatan 1,52 persen dikarenakan terdapat kenaikan anggaran untuk mendukung operasi Mantap Brata tahun 2023,” terangnya.

Kompol Supratman mengimbau seluruh pengguna anggaran agar melaksanakan sosialisasi DIPA kepada anggotanya masing-masing dan menyusun rencana kegiatan Rencana Penarikan Dana (RPD).

“Setelah ini sosialisasikan kepada anggota dan menyusun RDP secara akurat dan realistis sesuai kondisi terkini berdasarkan pelaksanaan kegiatan satker yang telah ditetapkan (kalender kamtibmas, beban kegiatan masing-masing satker, target capaian),” jelas Kompol Supratman.

Sedangkan Pejabat Pembuat Komitmen Polres Tegal yang dijabat oleh Kapolsek Dukuhwaru AKP Mustain menyampaikan bahwa agar Baglog segera melaksanakan lelang Pra DIPA terkait anggaran harwat.

“Kemudian agar dipedomani pada Satintelkam yang anggarannya bertambah dari tahun sebelumnya supaya Perwabkeu betul-betul diperhatikan dan tepat sasaran sehingga tidak terjadi mal administrasi,” ungkapnya.

Sosialisasi ini dilakukan sebagai bentuk penerangan kepada masyarakat dan keterbukaan informasi di dalam tubuh Polres Tegal dalam rangka memujudkan good governance.(*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button