Religi

Zakat Fitrah di Bone Bolango Tahun Ini Ditetapkan Rp.33 Ribu per Jiwa

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Di bulan Ramadhan, selain berpuasa, kewajiban lain yang tidak boleh dilupakan oleh umat muslim adalah membayar zakat fitrah. Masyarakat di Gorontalo, biasanya membayar zakat fitrah pada akhir bulan Ramadhan yakni pada malam ke 27 Ramadhan. Meski demikian banyak pula masyarakat di Gorontalo yang membayar zakat fitrah diawal atau pertengahan bulan Ramadhan.

Besaran zakat fitrah yang dibayarkan pun biasanya menunggu penetapan dari Pemerintah Daerah.

Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo sendiri, melalui rapat bersama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone Bolango, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bone Bolango, Pimpinan OPD serta Camat dan unsur terkait lainnya pada Jumat (31/3/2023), telah menetapkan besaran zakat fitrah untuk Ramadhan tahun 2023 ini sebesar Rp.33 Ribu per jiwa.

Sekretaris Daerah Bone Bolango Ishak Ntoma mengatakan, besaran zakat fitrah tahun ini telah sesuai dengan ketentuan dan kondisi masyarakat yang ada di daerah tersebut. Dijelaskan Ishak bahwa perhitungannya adalah harga tertinggi beras dijumlahkan dengan harga terendah dibagi dua, kemudian dikalikan 2,5 Kg.

“Penetapan besaran zakat fitrah ini hanya berbeda Rp.3 ribu dengan tahun lalu, yaitu sebesar Rp.30 ribu. Besaran ini moderat untuk semua kalangan,”jelas Ishak.

Sementara untuk pendistribusian zakat fitrah, Ishak mengungkapkan bahwa pihaknya akan membuat surat edaran dimana jika dalam satu rumah tangga terdapat 5 jiwa, maka akan dianjurkan 3 jiwa dibayarkan melalui Baznas.

“Ini dalam rangka mengoptimalkan peran dari Baznas untuk lebih memeratakan penyaluran zakat fitrah,”tandasnya.

Diketahui bahwa masih banyak kebiasaan masyarakat di Bone Bolango yang sering membayar zakat fitrah di masjid terdekat melalui petugas (amil) yang ditunjuk oleh takmirul masjid dan pemerintah desa. Biasanya petugas tersebut terdiri dari Imam Masjid dan Aparat Desa. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button