NasionalRagamSitubondo

Zulfikar Anggota DPR-RI Hadiri Workshop Pengawasan Dana Desa di Pendopo Situbondo

BeritaNasional.ID, JAKARTA – Anggota Komisi 11 DPR/MPR RI, Zulfikar Asre Sadikin menggelar Workshop Kolaborasi Pengawasan Desa, evaluasi pengelolaan keuangan dan pembangunan desa tahun 2022, bertempat di Pendopo Aryo Kabupaten Situbondo yang dihadiri oleh Bupati Situbondo Karna Suswandi. Rabu (11/10/2021).

Workshop Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa ini untuk mensosialisasikan hasil evaluasi dalam penyaluran dan penggunaan yang dilakukan antara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Kementrian Keuangan, dan Kementrian Dalam Negeri.

“Sesuai tupoksi kami sebagai wakil rakyat di komisi XI, pelaksanaa Bimtek terkait evaluasi keuangan dan pembangunan desa tahun 2022 sangat penting, terutama menyangkut pengelolaan dana desa. Sejauh mana dana desa yang sudah diterima masing masing desa di seluruh Kabupaten Situbondo digunakan, baik dari sisi penyaluran apakah ada kendala atau tidak,” kata politisi yang akarab di sapa Bang Zul.

Lebih lanjut Bang Zul mengatakan, dalam pengelolaan Dana Desa haruslah sesuai dengan sisi perencanaan yang sebelumnya telah melalui musyawarah Desa.

“Adakah dalam perencanaan itu melalui musyawarah desa, lalu sejauh mana dampak positif dari dana desa yang sudah digunakan. Dan tahun berikutnya 2023 pengelolaan dana desa makin meningkat sehingga masyarakat itu makin maju, sejahtera dan mandiri”, ucapnya.

Politis dari Partai Golkar Selaku yang terpilih sebagai wakil rakyat (DPR-RI) dari wilayah Dapil III Jatim (Situbondo, Banyuwangi dan Bondowoso) berharap, angaran dana desa dari tahun ke tahun menjadi pengungkit kemajuan desa masing-masing khususnya di seluruh desa Kabupaten Situbondo.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Situbondo Karna Suswandi Menjelaskan, dengan adanya kegiatan Workshop tersebut para Kades dan perangkat Desa memahami sehingga pengelolaan keuangan desa beserta pertanggung jawabannya dapat berjalan dengan baik.

“Tolong dicermati, dipahami dan dilaksanakan dengan baik, untuk bisa menghasilkan pekerjaan dengan baik harus diimbangi dengan pembuatan laporan dengan baik pula. Tujuan workshop ini agar yang kurang-kurang bisa menjadi baik,” Tutur Bung Karna.

Dalam acara itu pula, Bupati Karna memberikan langsung dana insentif desa Tahun 2022 kepada 10 desa diantaranya, Desa Tokelan, Desa Seliwung, Desa Juglangan, Desa Tepos, Desa Talemong, mendapat bantuan insentif desa tahun 2022 sebesar Rp 50 juta.

Sedangan Desa Trigonco, Desa Gudang, Desa Awar- Awar, Desa Parante, Desa Bloro mendapat bantuan insentif desa tahun 2022 sebesar Rp 100 juta.

Turut hadir dalam Workshop di aula Pendopo Kabupaten Situbondo, Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko P. M. K, Ivan Samsurizal, Kepala Kantor Direktorat Jendral Pembendaharaan (DjPb) Provinsi Jatim, Taukhid, Kepala Badan Keuangan dan Pengawasan Daerah serta 17 Camat juga seluruh Kepala Desa se Situbondo.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button