BondowosoDaerahJawa TimurPendidikan

Kadisdik Bondowoso Kukuhkan Tim Penulis IJEN

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Bondowoso, Dr. Drs. H. Sugiono Eksantoso, M.M., mengukuhkan tim penulis IJEN (Inspiratif Jenius), Sabtu (11/11/2023).

Pengukuhan tersebut dilaksanakan di aula UPTD SPF SDN Tamansari 1 dan dihadiri oleh Kabag umum Dinas Pendidikan, tim koordinator, tim editor dan tim penulis IJEN se-Kabupaten Bondowoso.

Dalam sambutannya, Kadisdik mengapresiasi langkah yang dilaksanakan oleh insan pendidik di Bondowoso.
“Luar biasa, selama ini yang kita tahu adalah bahwa Ijen merupakan salah satu icon Bondowoso. Apalagi setelah diakui oleh UNESCO, Bondowoso sekarang benar-benar membooming di tingkat Internasional,” ungkap pak Gik, sapaannya.

Pihnya juga berterimakasih atas terbentuknya tim IJEN. Karena dengan diberlakukannya kurikulum baru dan banyaknya muatan-muatan yang harus dikuasai serta dipelajari oleh para guru tim IJEN dirasa sangat membantu.

“Jujur saya katakan ketika Kurikulum Merdeka (Kurmer) baru pertama kali dilaksanakan, rasa-rasanya banyak guru yang tidak mampu. Oleh karena itu saya berharap kegiatan ini dapat segera terealisir,” harapnya.

Pak Gik menghimbau kepada tim yang hadir untuk sesegera mungkin menyelesaikan program yang sedang berlangsung.
“Terkait dengan kegiatan hari ini saya berharap paling tidak Desember minggu keempat sudah terdistribusi,” pintanya.

Menanggapi hal itu, salah satu editor, Siti Mutawarridah, S.Pd., mengatakan, bahwa proses pengerjaan program sudah mencapai 85%.
“Program ini sudah kami mulai sejak tahun ajaran 2023/2024 pada semester satu dan proses pengerjaannya sudah mencapai 85%,” tutur Ida, sapaannya.

Wanita asal Malang ini menambahkan bahwa tim IJEN dibentuk untuk membantu para guru, “Tahap akhir dari pembentukan tim ini akan dijadikan semacam lembar kerja siswa. Misalnya bab satu isinya terkait materi, Tujuan Pembelajaran (TP) Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), elemen kemudian ada materi,” urainya.

Di dalam materi tersebut ada lembar kerja siswa berupa individu ataupun kelompok yang dilengkapi dengan kunci jawabannya.
“Dalam lembar kerja siswa tersebut ada asesmen berupa latihan. Mungkin soal dengan isian pilihan ganda 15 soal, kemudian isian 5 dan uraian 5, tergantung dari kelasnya,” tukas Ida.

Lebih lanjut, Kepala Sekolah (KS) SDN Tamansari 1 itu mengatakan bahwa hasil dari tulisan tim penulis IJEN akan didistribusikan ke sekolah-sekolah seluruh Kabupaten Bondowoso.
“Tim penulis IJEN sendiri terdiri dari guru masing-masing pelajaran se-Kabupaten Bondowoso, seperti guru Mapel Bahasa Indonesia, PJOK, BTQ dan Agama,” pungkasnya. (Zainul Muhaimin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button