AdvedtorialPemkab SinjaiSinjai

2.551 Anak Tidak Sekolah di Sinjai Akhirnya Kembali Menempuh Pendidikan

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Pendidikan (Disdik) berhasil menurunkan angka Anak Tidak Sekolah (ATS) di Kabupaten Sinjai.

Dari angka 3.194 ATS sebelumnya, sebanyak 2.551 diantaranya telah kembali menempuh pendidikan baik di sekolah formal maupun non formal seperti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Kembalinya ke sekolah ribuan anak itu, disampaikan Kepala Disdik Sinjai Irwan Suaib saat memimpin rapat evaluasi data Anak Tidak Sekolah (ATS), Kamis (05/09/2024) di Aula Handayani Diknas Sinjai.

Turunmya angka ATS ini kata Irwan Suaib tidak lepas dari upaya Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam hal ini Disdik, dalam menghadirkan inovasi tutor angkat “Balibolae” atau sistem pendampingan kepada anak putus sekolah oleh tenaga pendidik.

“Untuk tahun ini ada beberapa langkah yang sudah kami lakukan, seperti membentuk inovasi tutor angkat “BaliBolae” dari tenaga pendidik non ASN. Mereka bertugas mengajak dan mendampingi anak tidak sekolah agar lulus di PKBM” terangnya.

Selain itu, Kadisdik juga mengimbau guru dan Kepala Sekolah lainnya untuk menjadi orang tua angkat demi anak tidak sekolah yang ada diwilayahnya masing-masing.

“Kami di Dinas Pendidikan sudah membentuk grup semua guru mulai dari tingkat PAUD, SD, hingga SMP untuk membagi diri menjadi orang tua angkat diwilayah yang terdapat anak putus sekolah. Sehingga kedepan mudah-mudahan angka ATS bisa semakin berkurang,” Harapnya

Orang tua angkat sendiri berperan membantu, memfasilitasi, sekaligus memastikan ATS kembali melanjutkan sekolah karena masa depan yang cerah adalah hak seluruh anak. (ACCA/ADV/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button