Daerah

Peringati HPN, Polres dan Pemda Akan Terus Bersinergi Dengan Wartawan

BeritaNasional.ID, SITUBONDO – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020, jadi ajang ngopi bareng (Ngobar) antara wartawan se Situbondo dengan jajaran petinggi Polres Situbondo bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Situbondo, Selasa (18/2/20).

Acara yang digelar di Dapoer Livs ini dihadiri langsung orang nomor satu dilingkungan Polres Situbondo, yaitu AKBP Sugandi, S.I.K.,M.Hum., Wakil Bupati Ir. H. Yoyok Mulyadi, M.SI, Ketua PWI Kabupaten Banyuwangi, Syaifudin Mahcmud (sekaligus sebagai narasumber), Kabag Humas Pemkab Situbondo, Kasubbag Humas Polres.

Membuka acara, Kapolres AKBP Sugandi menyampaikan, acara santai dengan tujuan silaturahmi tersebut diselenggarakan untuk memperingati HPN tahun 2020 di Kabupaten Situbondo. Apa yang dilakukan tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada insan pers di Situbondo yang selama ini sudah bekerja sama, bersinergi dengan kepolisian dan pemerintah, serta mendukung pembangunan kota Situbondo.

“Tugas Polri dalam pelayanan masyarakat dan memelihara kamtibmas tidak lepas dari dukungan pemda dan juga media serta wartawan. Karena proprosional jumlah anggota Polres Situbondo tidak sampai 600 personil, dibandingkan dengan jumlah penduduk yang sebanyak 780 ribu. Untuk itu, peran media sangat penting dalam mendukung tugas kepolisian sehingga masuk dalam program prioritas kapolri pada poin ke-4, yaitu pemantapan manajemen media,” ungkap Kapolres Sugandi.

Sementara Wabup Situbondo, Yoyok mengatakan, insan media merupakan pilar ke empat dari demokrasi dan merupakan elemen penting yang tidak terpisahkan dalam sistem pemerintahan.

“Maju dan tidaknya sebuah kabupaten ada tiga unsur yang harus diperhatikan, diantaranya umaro, ulama dan zulama. Jika, tiga unsur ini satu dalam pemikiran, maka berbagai pembangunan akan terselenggara nyaman, tentram dan aman,” ujar Wabup Yoyok.

Dalam tiga unsur tersebut, kata Wabup Yoyok, media massa ada pada unsur zulama. “Untuk itu, mari kita bersama-sama memajukan Kabupaten Situbondo yang sudah banyak mendapat berbagai prestasi,” paparnya.

Dalam sebuah konsep pembangunan, imbuh Wabup Yoyok, peran media massa merupakan elemen penting yang tidak boleh ditinggalkan atau diabaikan. “Oleh karena itu, saya atas nama pemerintah daerah akan terus berkomitmen penuh untuk merangkul media massa sebagai mitra dalam rangka membangun Kabupaten Situbondo agar semakin maju, berbudaya dan religius,” jelas Wabup Yoyok.

Selain itu, Wabup Yoyok juga berharap kepada media massa agar benar-benar bisa memposisikan dirinya sebagai media yang professional dalam mengelola sebuah pemberitaan secara aktual dan menyajikan fakta, bukan menuangkan opini dalam sebuah tulisan.

Usai sambutan dan penyampaian materi dari narasumber dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan kue yang kemudian diberikan kepada wartawan senior Gazali dari detik.com, dan wartawan junior Izul dari Jawa Pos Radar Situbondo. Selain itu, Kapolres Situbondo bersama Wakil Bupati juga memberikan cindera mata kepada Syaifudin Mahcmud, Ketua PWI Kabupaten Banyuwangi yang hadir dalam acara tersebut. (Sony) 

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close