Jawa Timur

43 Mobil Plat Merah Milik Pejabat Pemkot Probolinggo Sudah “Ngandang”

BeritaNasional.ID, PROBOLINGGO – Sebanyak 43 mobil plat merah milik Pemerintah Kota Probolinggo yang diperuntukkan para kepala perangkat daerah terparkir rapi di parkiran kantor wali kota, Rabu (18/4). Sekitar pukul 12.00, mobil-mobil tersebut sudah “ngandang” karena dilarang digunakan saat cuti bersama lebaran.

Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 7 Tahun 2023 tentang Pelaksanaan Disiplin dan Protokol Perjalanan Ke Luar Daerah Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara Selama Periode Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023.

“Untuk mobil dinas di lingkungan Pemkot Probolinggo, seluruh mobil dinas kepala perangkat daerah harus ditaruh di Kantor Wali Kota Probolinggo jam 12.00 siang ini, tidak boleh dipakai untuk mudik. Kecuali kegiatan-kegiatan mobile yang dibutuhkan untuk memantau kegiatan dari perangkat daerah terkait masih diperbolehkan, hanya khusus di wilayah Kota Probolinggo,” jelas Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin yang memantau kendaraan dinas, usai jumpa pers.

Diketahui, tidak hanya mengimbau para pejabat saja, orang nomor satu di Kota Probolinggo tersebut juga mencontohkan mobil dinasnya diparkir di halaman kantor yang beralamat di Jalan Panglima Sudirman. Habib Hadi pun memilih menggunakan mobil pribadinya saat beraktivitas di hari itu.

Habib Hadi juga menekankan bahwa seluruh ASN wilayah Pemkot Probolinggo, sesuai SE dari KPK, ASN tidak melakukan permintaan/pemberian/penerimaan gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan, yang berlawanan dengan tugasnya sehingga menimbulkan konflik kepentingan.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) KPK No. 6 tahun 2023 tanggal 30 Maret 2023 tentang Pencegahan Korupsi dan Pengendalian Gratifikasi Terkait Hari Raya. “Permintaan gratifikasi secara individu ke masyarakat/perusahaan itu tidak boleh, tapi seumpama menerima, silahkan disalurkan untuk bantuan sosial, namun tetap harus dilaporkan,” bebernya.

Wali Kota Probolinggo ke – 21 itu juga menjelaskan kegiatan santunan untuk dhuafa, anak yatim, dan abang becak yang dihimpun oleh BAZNAS Kota Probolinggo yang bertajuk “ASN Probolinggo Peduli”.

“Ini merupakan upaya ASN Pemkot Probolinggo untuk berbagi melalui BAZNAS. Alhamdulillah semua lancar, yang disiarkan langsung oleh medsos masing-masing perangkat daerah yang disebar di 29 kelurahan,” terangnya.

Dalam jumpa pers tersebut, Habib Hadi juga memberikan apresiasi kepada Polres Probolinggo Kota karena telah melakukan operasi-operasi keamanan, ketertiban, dan ketenteraman. Seperti tempat-tempat yang menimbulkan keresahan hingga merazia pemuda di pinggir jalan yang minum miras.

Bersama Kapolresta AKBP Wadi Sa’bani, wali kota juga meninjau langsung lokasi kejadian ledakan mercon di Kelurahan Jrebeng Lor, Selasa (17/4) malam. “Kami terus berupaya untuk meminimalisir dan menekan lokasi dan kejadian yang seperti itu, sehingga hal-hal yang tidak diharapkan, tidak akan terjadi lagi,” urainya.

Mantan anggota DPR RI ini juga mengimbau kepada para warga yang meninggalkan rumahnya untuk mudik agar membuat laporan ke perangkat terkait seperti RT/RW, agar ada upaya pencegahan dan antisipasi jika terjadi hal-hal berbahaya.

Terakhir, Habib Hadi berpesan kepada semua wartawan untuk selalu menyajikan pemberitaan yang netral, karena kinerja Pemerintah tanpa media tidak akan terekspos. “Selain itu media juga berperan untuk mengedukasi masyarakat, itulah peran penting dari media,” ujarnya

***yul

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button