Jawa Timur

7 WBP Rutan Kraksaan Kemenkumham Jatim Sujud Sukur Bisa Menghirup Udara Bebas Berkat Asimilasi

Beritanasional.id-Probolinggo-Kraksan,Rutan Kelas II B Kraksaan kembali melaksanakan pembebasan kepada 7 WBP dalam rangka Asimilasi di rumah, Rabu (02/03). Mereka mendapat potongan masa pidana untuk menjalani hukuman di rumah masing-masing. Sebelum bebas, para WBP tersebut mendapat arahan dari petugas. Begitu menerima surat bebas, mereka langsung sujud syukur dan tersenyum bahagia.

Kepala Rutan Kraksaan, Bambang Irawan, mengatakan bahwa mereka yang bebas hari ini telah memenuhi persyaratan secara administratif dan substantif

Pihaknya menyampaikan, proses pembebasan napi tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia nomor 43 tahun 2021 tentang Syarat Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat Bagi Narapidana dan Anak untuk Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19.

Bambang Irawan juga menjelaskan, narapidana yang mendapatkan asimilasi ini dilihat dari perhitungan 2/3 masa pidananya yaitu jatuh sebelum 30 Juni 2022. “Syaratnya utamanya yang bukan residivis, tidak dipidana lebih dari satu perkara, bukan kasus narkoba di atas lima tahun, korupsi, terorisme, pembunuhan, perampokan, kesusilaan, kejahatan terhadap keamanan negara, serta kejahatan hak asasi manusia,” terangnya.

Napi yang menjalani asimilasi di rumah ini akan tetap dipantau oleh petugas dari Balai Pemasyarakatan. Sebelum pelaksanaan bebas tersebut, telah dilakukan serah terima pemberian asimilasi kepada Bapas untuk selanjutnya dilakukan pengawasan dan pembimbingan lanjutan. “Selama asimilasi di rumah, mereka tidak boleh keluyuran sesuai dengan surat pernyataan yang telah ditandatangani di atas materai,” tegasnya.

Sementara, salah satu napi mengaku bersyukur bisa ikut program asimilasi di rumah dan juga berjanji akan menjalankan kewajibannya selama menjalani asimilasi. “Saya akan terus menjalankan kewajiban wajib lapor sampai saya dinyatakan bebas murni. Saya juga bersyukur berkumpul kembali dengan anak istri,” ungkapnya dengan senyum bahagia.

 

***Onoy

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button