DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Bintara Otsus Asal Papua Belajar Kebencanaan di BPBD Situbondo

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JAWA TIMUR – Sebanyak 11 personel Bintara Otonomi Khusus (B.a Otsus) asal Papua yang sedang latihan tugas di Kodim 0823 Situbondo belajar kebencanaan di kantor BPBD Situbondo, Selasa (7/9/2021).

Kedatangan Ba Otsus ini ke Kantor BPBD Situbondo didampingi Kapten Inf Hadi Sucipto serta pelatih pendamping. Ba Otsus tampak antusias dalam mengikuti kegiatan kebencanaan di kantor BPBD Situbondo. Dalam latihan kebencanaan ini, para Bintara Otonomi Khusus mendapat materi tentang jenis-jenis bencana dan alat-alat evakuasi yang ada di Kantor BPBD Situbondo.

“Saat terjadi salah satu bencana, maka kita menggunakan alat alat ini dan harus siaga dalam berbagai situasi,” jelas salah seorang instruktur BPBD Situbondo sambil meminta Ba Otsus memperagakan gerakan-gerakan untuk evakuasi mandiri.

Setelah mempelajari materi yang disampaikan instruktur, anggota Ba Otsus diajak berkeliling Kantor BPBD Situbondo untuk mengenal alat-alat evakuasi yang ada di kantor tersebut, diantaranya pelampung, helm, alat penyelam, dayung dan kapal evakuasi serta alat alat lainya.

Keterangan yang disampaikan Kapten Inf Hadi Sucipto pendamping Ba Otsus menjelaskan bahwa, latihan kebencanaan bagi anggota Ba Otsus asal Papua ini, sangat penting. Sebab, wilayah Indonesia rawan dengan bencana, sehingga mereka perlu dibekali dengan ilmu kebencanaan saat menjalani tugas di daerah asalnya Papua.

“Pembekalan ilmu kebencanaan bagi para prajurit TNI AD sangat penting. Oleh karena itu, Ba Otsus asal Papua ini harus memahami tentang tata cara penanganan kebencanaan yang benar serta terukur,” terang Kapten Inf Hadi Sucipto.

Sekedar informasi, adapun yang ikut mendamping Ba Otsus asal Papua belajar ilmu kebencanaan di kantor BPBD Situbondo, antara lain Bati Puan Ter Kodim 0823 Peltu Kusriyanto, Dankelas dan Wadan Kelas sebanyak 11 orang Babinsa pendamping Ba Otsus dipimpin oleh Serka Jeffry Imanuel, Kepala BPBD Situbondo Zainul Arifin da 5 orang anggota BPBD Situbondo.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button