Daerah

Hanya Butuh Waktu 1 Tahun, Pihak SMKS Atambua Kembali Didapuk Sebagai Sekolah Pusat Keunggulan

BeritaNasional.ID-Atambua,- Sebelumnya SMKS Katolik Kusuma Atambua terpilih sebagai Sekolah Central Of Excellence (CoE) berupa bangunan hotel dan restoran ditahun 2020. Kini kembali terpilih sebagai Sekolah Pusat Keunggulan di 2021 dengan mendapatkan bantuan non fisik untuk pengembangan SDM. Dalam program kegiatan Sekolah Keunggulan ini terdapat beberapa program yang di laksanakan oleh SMKS Katolik Kusuma Atambua di tahun 2021. (18/09).

Kepala Sekolah SMKS Katolik Kusuma Atambua Sr.Agustina Bete Kiik, SSpS kepada awak media menyampaikan bahwa, Program yang dilaksanakan seperti, Sosialisasi dan koordinasi pengembangan SMK PK, yang di sosialisasikan kepada warga sekolah, Workshop penyusunan program untuk tahun 2021 dan revisi peta jalan, Implementasi link dan (Super) match, untuk penguatan kerja sama sekolah bersama Dudika dengan diadakannya Workshop Penjajakan dan Penguatan Kerjasama Sekolah Dudika.

“SMKS Katolik Kusuma Atambua bekerja sama dengan Aston Hotel Kupang, Sotis Hotel Kupang dan Timor Hotel Atambua demi penguatan kerja sama, seperti adanya guru tamu, magang guru, magang siswa hingga pada perekrutan alumni SMKS Katolik Kusuma Atambua” Jelas Agustin.

Sr. Agustina Bete Kiik, SSpS menerangkan bahwa adapula penelarasan kurikulum seperti, Workshop penelarasan kurikulum dan penyusunan bahan ajar manual dan digital. Yang terlaksana mulai tanggal 17-18, September 2021. Bersama Dudika dari Aston Hotel Kupang dan Sotis Hotel Kupang dan juga dari Timor Hotel Atambua, serta tamu dari Italia Mr. Rodney James sebagai MasterChef dan juga lulusan besik Pariwisata untuk memberikan masukan dan pendapat demi pengembangan SMKS Katolik Kusuma Atambua.

“Kegiatan selama dua hari ini menghasilkan satu kurikulum penelarasan antara Dudika dan sekolah untuk dapat diajarkan kepada Siswa-Siswi SMKS Katolik Kusuma Atambua, agar apa yang dilakukan di dunia industri tidak jauh berbeda dengan apa yang diajarkan di sekolah, agar ketika para siswa-siswi terjun ke industri mereka sudah terbiasa” Ungkap Agustin.

Manajer Timor Hotel Atambua, Maria Goreti Bulor, ketika dikonfirmasi awak media menyampaikan bahwa dirinya terlibat sebagai penyusunan materi pelajaran untuk SMKS Katolik Kusuma Atambua, dan untuk memberikan masukan mengenai kerja nyata di dunia industri agar bisa bersinergi atau saling ketersinambungan dengan mata pelajaran yang ada di sekolah.

“Saya hadir disini untuk memberikan masukan apa yang bisa disinergikan antara praktek dan materi-materi dari sekolah, karena kenyataannya tidak 100% materi dari sekolah bisa diterapkan ke dunia kerja” Ungkap Goreti.

Dikatakan bahwa, dari dunia industri menginginkan agar para siswa-siswi yang setelah tamat dari SMKS Katolik Kusuma Atambua bisa bersaing ketika terjun ke dunia industri. “Masukan yang paling penting untuk mata pelajaran adalah soft skill para siswa-siswi, karena kenyataannya bahwa 75% – 90% keberhasilan di dunia industri adalah soft skill yang sangat dibutuhkan” Ujar Goreti.

ia berharap kepada para siswa-siswi yang saat ini di bangku kelas XII yang ingin langsung terjun ke dunia industri perlu sangat menyiapkan diri yang terutama kesiapan public speaking dan sikap (attitude).

“Attitude adalah salah satu yang sangat penting ketika berada di industri pelayanan jasa, dan bagi mereka yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi agar lebih mempertajam apa yang telah didapatkan dari SMK untuk lebih berkualitas lagi” Harap Goreti.

Harapan manajer Timor Hotel Atambua kepada SMKS Katolik Kusuma Atambua, agar menjadi salah satu SMK yang mempunyai daya saing di dunia industri, dengan memberikan kemampuan mengajar yang profesional serta inovasi kreatifitas yang tinggi bagi para siswa-siswi di SMKS Katolik Kusuma Atambua.

Turut hadir dalam kegiatan ini Balai Besar Bispar Sawangan, dan juga dari Perguruan Tinggi Negeri Bali, untuk selalu memberikan masukan dan pendapat untuk SMKS Katolik Kusuma Atambua agar kegiatan tersebut tidak keluar dari kolidor yang telah ditetapkan dari tingkat pusat. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button