Metro

Ketua Presidium FPII Kasihhati : Polri dan Kejaksaan Adalah Mitra Konstruktif FPII

 

BeritaNasional.ID, Tolitoli — Ketua Presidium FPII Kasihhati menegaskan, (FPII) lahir atas adanya keprihatinan, terhadap sejumlah peristiwa kriminalisasi pers yang terus terjadi di Indonesia.

Penegasan ini disampaikan Kasihhati, disela kunjungan silahturahmi ke jajaran Pimpinan Polri dan Kejaksaan di Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah, jumat 27 November 2021.

“Pengetahuan yang cukup terhadap UU Pers yang bersifat Lex spesialis, harus dimiliki oleh jajaran penyidik polri dan jaksa penuntut. Dan sebaiknya peningkatan kapasitas SDM lewat diklat atau kursus secara kontinyu harus dilakukan.”

Di kantor Kejaksaan Negeri Tolitoli, Ketua Presidium FPII beserta jajaran, diterima langsung Kajari Tolitoli Deddy Koerniawan,  yang didampingi Kasie Pidsus Rustam Efendi.

FPII mendukung kerja yang dilakukan Kejaksaaan. Terutama dalam hal pemberantasan korupsi, karenanya jajaran FPII di Sulteng telah lakukan penandatangan nota kesepahaman dengan Koalisi Rakyat Anti Korupsi, ucap Kasihhati.

Dalam kesempatan itu, Kasihhati juga meminta aparat kejaksaan benar-benar dapat memahami tugas, peran dan fungsi pers. FPII siap menjadi sahabat kejaksaan, menjadi mitra konstruktif. kalo ada yang salah kita tetap ingatkan.

Sementara  sebagai jawaban atas statemen FPII, Kajari Tolitoli Deddy Koerniawan, juga menegaskan komitmennya untuk terus membangun kemitraan dengan kalangan pers. “Selama ini, kami sudah membangun hubungan yang baik dengan pers, ini akan terus ditingkatkan, apalagi sekarang kita berada di era keterbukaan informasi, ” tandas Deddy.

Saat berkunjung ke kantor Polres Tolitoli, Ketua Presidium FPII dan jajaran diterima langsung Kapolres Tolitoli AKBP Budhi Batara Pratidina, yang didampingi Kasubag Humas Iptu Anshari Tollah.

Pada pertemuan ini, Kasihhati kembali mempertegas jati diri pers independen yang
telah menjadi karakter kelembagaan FPII.

“FPII siap menjadi mitra, menjadi sahabat Polri, tetapi fungsi sosial kontrol tetap harus berjalan, ” ungkap Kasihhati.

Dan kepada seluruh jajaran FPII yang hadir saat itu Kasihhati menginstruksikan untuk tetap menjaga marwah FPII. Menjaga Independensi. “katakan salah kalo memang salah, dan katakan benar jika memang itu benar, ” tegas Kasihhati.

Kapolres Tolitoli AKBP Budhi Batara Pratidina,  sangat memberikan apresiasi dan menyambut gembira atas kunjungan Ketua Presidium FPII. Dan berharap agar dapat saling menjaga  komitmen kemitraan dengan FPII termasuk pers secara umum.

Dia juga menyebut, saat ini pihaknya lagi concern ikut aktif dalam penuntasan agenda penanganan covid 19 dan pemulihan ekonomi. (Sumber : Presidium FPII/Risal Bakri)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button