DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Tim Dokter Specialis RSUD Besuki Situbondo Berhasil Angkat Batu Kandung Kemih

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Operasi batu kandung kemih dengan diameter 13 hingga 15 centi meter yang dialami Halil warga Desa Sumber Rejo, berhasil diangkat oleh tim Dokter Specialis RSUD Besuki, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis (23/12/2021).

“Berkat keprofesionalan tim dokter spesialis RSUD Besuki dalam melaksanakan operasi, maka batu kandung kemih dengan diameter 13 hingga 15 centi meter yang dialami Halil warga Desa Sumber Rejo berhasil diangkat,” kata Direktur RSUD Besuki, dr. H. Imam Hariyono.

Tindakan untuk mengabil batu dari kandung kemih atau buli-buli yang berukuran besar tersebut, kata dr. Imam Hariyono, bukan hal yang mudah. Akan tetapi, membutuh kejelian dan ke profesionalan tim dokter dalam mengambil tindakan. “Operasi berlangsung kurang lebih satu setengah jam dan lancar. Penyembuhan pasca operasi membutuhkan waktu 4 hingga 5 hari,” jelas Direktur RSUD Besuki.

Lebih lanjut, dr Imam menjelaskan, batu kandung kemih ini bisa terbentuk di tubuh manusia karena karakter dan pola makan yang kurang baik. Agar masyarakat tidak mempunyai sakit ada gejala batu kandung kemih, maka salah satu kuncinya melakukan pola makan yang baik dan perbanyak minum air putih. “Gejala orang yang organ tubuhnya terserang batu kemih atau buli-buli tersebut, yakni nyeri di perut bawah bagian tengah, kadang kencing keluar darah, lalu ketika kencing tiba-tiba berhenti dan saat ganti posisi kencingnya kembali lancar,” jelasnya.

Apabila ada masyarakat yang mengalami gejala seperti tertulis diatas, kata dr Imam Hariyono, maka segera melakuan pemeriksaan di Poli RSUD Besuki. “ Bagi masyarakat yang mempunyai gejala penyakit batu kandung kemih, silahkan memeriksakan diri ke Poli RSUD Besuki,” pungkas dr H Imam Hariyono. (Tanto)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button