Metro

Sosialisasi Penataan Daerah Di Bone Pesisir, Valentinus Beri “Kode Keras” Ke Masyarakat

 

BeritaNasional.ID, Bone Bolango – Setelah sebelumnya dikunjungi oleh Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung pada 29 Maret 2022 yang lalu, Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Kabupaten Bone Pesisir kali ini di kunjungi oleh Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Valentinus Sudarjanto Sumito.

Kedatangan Valentinus ke CDOB Bone Pesisir dalam rangka Sosialisasi dan Konsolidasi diisi Penataan Otonomi Daerah yang berlangsung di Gedung Mall Pelayanan Publik Desa Tihu Kecamatan Bonepantai itu di hadiri oleh Wakil Bupati Bone Bolango Merlan Uloli, Ketua dan beberapa anggota DPRD, para pimpinan OPD, Camat dan Kepala Desa serta masyarakat, Selasa 12/04/2022.

Dalam sambutannya Valentinus mengatakan bahwa saat ini masih ada moratorium. “Sampai sekarang kita saat ini masih mengenal istilah moratorium, ujarnya. Moratorium bukan berarti tidak ada pemekaran tetapi kita tunda sementara karena saat ini kondisi kebijakan fiskal nasional fokus pada penanganan covid19 dan pemulihan perekonomian nasional, tetapi tidak menutup kemungkinan itu bisa dilakukan jelasnya”.
Lebih lanjut Valentinus saat ini pula Peraturan Pemerintah tentang Penataan Daerah belum di buat dengan alasan anggaran, tetapi yang bisa dilakukan adalah lakukan proses perencanaan yang bagus, “Tolong dipersiapkan segala semuanya untuk menuju kesana, tambahnya.

Sementara itu Ketua Komite Pembentukan Kabupaten Bone Pesisir Ridwan Tohopi dalam presentasinya mengungkapkan kepada masyarakat yang hadir bahwa saat ini Bone Pesisir merupakan CDOB yang sudah memenuhi syarat administratif secara lengkap dan telah menyerahkan seluruh syarat administratif itu kepada Kementerian Dalam Negeri dalam bentuk Feasibility Study.

Senada dengan pernyataan Ridwan Tohopi, Direktur Penataan Daerah, Otsus dan DPOD Kemendagri RI Valentinus mengatakan di hadapan bahwa saat ini ada 329 usulan calon daerah otonomi baru tetapi dari 329 usulan Calon Daerah Otonomi Baru itu ada yang belum lengkap. “Dari 329 itu tidak semuanya lengkap tetapi semua kami harus catat bahwa ada 329 yang mengusulkan, ungkapnya. Sehingga apa yang digambarkan oleh Ketua Komite tadi menunjukan bahwa kita punya (Bone Pesisir) sudah lengkap, tambahnya. “Jadi jika di awal saya bilang persiapkan dengan baik, itu sebenarnya “kode keras” buat bapak ibu sekalian karena banyak yang masuk itu sebenarnya tidak mempunyai persiapan yang lebih bagus dari bapak ibu sekalian, beber Valentinus yang disambut dengan tepuk tangan oleh seluruh masyarakat yang hadir. (Noka/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button