DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Peringatan Harkitnas, Bupati Situbondo Ajak Masyarakat Pulihkan Ekonomi

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Bupati Situbondo, Drs. Karna Suswandi saat menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama bangkit memulihkan ekonomi, Jumat (20/5/2022).

Upacara peringatan Harkitnas yang berlangsung di halaman belakang kantor Pemkab Situbondo ini, dihadiri seluruh Aparat Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo dan tamu undangan lainnya.

Bupati Situbondo Drs Karna Suswandi dalam sambutannya mengatakan bahwa, tema peringatan Harkitnas kali ini yaitu “Ayo bangkit bersama”. Tema tersebut, merupakan seruan agar seluruh lapisan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Kabupaten Situbondo bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda Bangsa Indonesia selama dua tahun terakhir ini.

Lebih lanjut, Bupati Situbondo menjelaskan, pandemi Covid-19 telah menyerang persendian perekonomian Bangsa Indonesia, termasuk Kabupaten Situbondo. “Dua tahun terakhir ini, masyarakat Kabupaten Situbondo di terjang pandemi Covid-19. Dampaknya, sendi-sendi perekonomian masyarakat Situbondo porak poranda. Alhamdulillah, saat ini pandemi Covid-19 sudah melandai dan bisa dikendalikan, sehingga masyarakat bisa kembali fokus dalam pemulihan ekonomi,” kata Bupati Situbondo.

Menurut mantas Kadis PUPR Bondowoso ini menegaskan, penanganan Covid-19 di Kabupaten Situbondo, sudah menunjukkan hasil cukup baik. Hal itu, ditandai dengan menurunnya kurva penyebaran Virus Corona di Kabupaten Situbondo.

“Data Satgas Covid-19 pada tanggal 19 Mei 2022, kasus baru harian hanya 1 orang. Ini adalah hasil kerja keras kita bersama TNI dan POLRI semua dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan Covid-19,” tegas Bupati Karna.

Walaupun Pandemi Covid-19 sudah melandai di Kabupaten Situbondo, sambung Bupati Situbondo, pihaknya meminta kepada seluruh lapisan masyarakat Situbondo, untuk tetap waspada dan terus menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, untuk di ruang terbuka diperbolehkan membuka masker. Akan tetapi, di tempat tertutup dan di dalam kendaraan umum, harus memakai masker. Untuk masyarakat yang belum mengikuti vaksinasi Covid-19, khususnya dosis kedua dan ketiga agar segera vaksin,” kata Bupati Karna.

Bukan hanya itu yang disampaikan Bupati Situbondo dalam sambutannya pada peringatan Harkitnas, namun pria asal Desa Curahtatal, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo ini menyampaikan, data BPS Situbondo tahun 2021 tentang pertumbuhan ekonomi Situbondo.

“Angka pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Situbondo tahun 2021 menunjukkan angka positif. Yakni sebesar 3,26 persen. Bila dibandingkan pada tahun 2020 yang minus 2,33 persen, maka angka pertumbuhan ekonomi saat sudah meningkat. Pada Tahun 2020 di masa pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi kita terkontraksi hingga minus 2,33. Tapi, berkat kerja keras kita semua, pertumbuhan ekonomi sudah tumbuh positif di angka 3,26 persen,” tutur Bung Karna.

Selanjutnya, kata Bupati Situbondo di tahun yang sama, indeks kepuasan masyarakat (IKM) pada tahun 2021 mencapai 80,63 persen. “Tingkat kepuasan masyarakat kita juga mengalami kenaikan. Di tahun 2020 sebesar 76,66 persen. Sementara itu, pada tahun 2021 menjadi 80,63 persen,” jelasnya.

Untuk itu, dengan kenaikan tersebut, Bupati Situbondo meminta kepada bawahannya agar kerja lebih keras lagi membangun Situbondo Berjaya. “Harapan saya pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Situbondo terus meningkat. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama bekerja lebih keras lagi untuk membangun Situbondo Berjaya,” tuturnya.

Diakhir sambutannya Bupati Situbondo menghimbau kepada kepala OPD dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo yang menerima bantuan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) agar dilaksanakan sesuai dengan peruntukannya dan dapat dipertanggungjawaban secara benar. “Gunakan DBHCHT dengan baik dan penuh tanggungjawab,” imbaunya. (As’ad/ADV)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button