DaerahJawa TimurRagamSitubondoSosial

Bupati Situbondo Launching Operasi Mata Katarak Gratis di RSUD Besuki

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Untuk memberikan pelayanan mata gratis kepada masyarakat, Bupati Situbondo Drs. Karna Suswandi MM launching program Gerakan Situbondo Bebas Katarak Melalui Operasi Katarak Gratis (Gebrak Bersinar) yang berlangsung di RSUD Besuki, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo, Selasa (7/6/2022).

Keterangan yang disampaikan Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan bahwa, kegiatan operasi katarak gratis ini dilaksanakan setiap bulan atau tidak ada batasnya di RSUD Besuki. “Bagi masyarakat yang ingin melaksanakan operasi mata katarak gratis ini, persyaratannya hanya e-KTP,” jelas kata Bupati Karna.

Lebih lanjut, Bupati Karna menjelaskan bahwa layanan operasi katarak gratis yang dilaksanakan setiap bulan ini bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan kasus katarak masyarakat di Kabupaten Situbondo. “Harapannya masyarakat Situbondo terbebas dari mata katarak,” ujarnya.

Selain itu, sambung Bupati Situbondo, dalam kegiatan ini juga memberikan kemudahan bagi masyarakat yang tidak punya biaya untuk melakukan operasi mata katarak. “Pelayanan kesehatan operasi katarak ini gratis untuk masyarakat Situbondo. Bagi yang punya keluhan mata bisa langsung ke rumah sakit dan puskesmas untuk dilakukan skrening,” tuturnya.

Bupati Situbondo mengatakan program yang di beri nama Gebrak Bersinar ini, harapannya setelah melakukan operasi katarak, maka masyarakat bisa kembali menikmati cahaya sinar matahari sehingga tidak lagi meraba-raba, dan sudah bisa melakukan aktivitas sendiri. “Pelayanan operasi katarak gratis ini tidak ada batasnya. Selama masyarakat Situbondo membutuhkan maka terus dilayani,” tuturnya.

Tak hanya itu saja yang disampaikan Bupati Karna, namun pria kelahiran Desa Curahtatal ini, mengajak kepada masyarakat dan berbagai organisasi atau lembaga yang ada di Situbondo. Seperti, Fatayat NU, Muslimat NU, PKK dan lainnya untuk mensosialisasikan dan menjaring masyarakat yang terjangkit penyakit mata katarak.

“Agar tidak ada lagi mayarakat yang mengalami kebutaan, maka saya mengajak kepada ormas seperti Muslimat NU, Fatayat NU dan lembaga lainnya untuk menjaring atau mengajak masyarakat yang menderita katarak untuk operasi gratis di RSUD Besuki. Alhamdulillah, saat ini sudah ada 259 pasien katarak yang lolos skrening,” kata Bung Karna.

Bung Karna juga memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Klinik Mata Tritya Surabaya yang bekerjasama dengan RSUD Besuki dalam operasi mata katarak gratis ini. “Kita mempunyai beberapa program di bidang kesehatan yang sifatnya gratis. Selain, Gebrak Bersinar ada juga program Sehat gratis (Sehati) bagi mereka yang masuk dalam daftar DTKS. Cukup dengan menunjukkan KPT saja,” ungkapnya.

Disela-sela mengunjungi pasien mata katarak yang sedang melakukan skrening, Bupati Situbondo mengatakan bahwa, Rumah Sakit Daerah Umum Besuki mendapat bantuan progran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau yang digunakan untuk membeli alat-alat kesehatan. (As’ad/ADV)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button