DaerahJawa TimurOlahragaRagamSitubondo

Ini Kata Ketua KONI Situbondo Terkait Ajang Porprov Jatim VII Tahun 2022

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VII tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Jember, Lumajang, dan Bondowoso dan Kabupaten Situbondo diharapkan menjadi momentum kebangkitan ekonomi masyarakat, utamanya masyarakat Situbondo yang bergerak pada bidang UMKM, Kamis (16/6/2022).

Keterangan yang disampaikan Ketua Umum KONI Kabupaten Situbondo Deny Wahyu Pribadi menjelaskan dengan ditunjuknya Kabupaten Situbondo sebagai tuan rumah Porprov Jatim VII tahun 2022, diharapkan menjadi kebangkitan prestasi olahraga Situbondo juga bisa menjadi daya ungkit perputaran perekonomian masyarakat Situbondo.

“Kami berharap para pelaku UMKM, usaha kuliner, jasa ojek online, penginapan, homestay, kerajinan, dan produk khas Situbondo lainnya bisa memanfaatkan ajang Porprov Jatim VII tahun 2022 ini, untuk membangkitkan perekonomi,” jelas Ketua KONI Situbondo Deny.

Kebangkitan ekonomi itu, sambung Deny, sesuai dengan tagline Porprov Jatim 2022 yang disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, yakni “Sukses Penyelenggaraan, Sukses Prestasi, Sukses Ekonomi”.

Deny juga berharap Kabupaten Situbondo salah satu kabupaten yang menjadi penyelenggaraan Porprov Jatim VII tahun 2022 harus mampu menjadi tuan rumah yang baik dengan memberikan kemudahan pelayanan kepada para tamu (atlet dan ofisial) selama penyelenggaraan porprov. “Apa yang menjadi kebutuhan tamu-tamu, kita harus bisa melayanan dengan cepat, mulai dari kebutuhan makanan, transportasi, hiburan, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Sedangkan sukses prestasi, sambung Deny, KONI Situbondo telah menggembleng para atlet melalui tes parameter atlet selama tiga tahap sehingga terjaring 202 atlet yang siap berlaga pada ajang Porprov Jatim VII dan siap membawa pulang medali. Dari 47 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam ajang Porprov Jatim kali ini, Situbondo menerjunkan 202 atlet untuk 26 cabang olahraga.

Adapun 26 cabor yang diikuti atlet Kabupaten Situbondo, antara lain futsal, basket, badminton, balap sepeda gunung, voli indoor, senam, tenis lapangan, atletik, tarung derajat, sepak takraw, woodball, pencak silat, balap sepeda, angkat berat, voli pantai, petanque, hoki pantai (indoor/outdoor), anggar, bina raga, renang perairan terbuka, selam, catur, panahan, tenis meja, menembak, dan taekwondo.

“Mereka para atlet akan berlaga pada diempat kabupaten yang menjadi tuan rumah Porprov Jatim VII tahun 2022. Dari 26 cabang olahraga itu, 11 cabang olahraga di antaranya bertanding di arena perlombaan Kabupaten Situbondo, yakni voli pantai, panjat tebing, renang perairan terbuka (open water swimming/OWS), selam (OBA), hoki pantai (indoor/outdoor), angkat berat, binaraga, anggar, dan petanque,” jelasnya.

Sebagai tuan rumah, imbuh Deny, Kabupaten Situbondo memilih maskot ‘Si-Babal’ yang merupakan singkatan dari Banteng Baluran. Si Babal ini menggambarkan Banteng Baluran yang mencerminkan kehati-hatian dan semangat dalam meraih impian.

Publisher         : Heru Hartanto

Pewarta           : As’ad Zuhadi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button