DaerahJawa TimurRagamReligiSitubondo

Sambut Bulan Puasa, Rutan Situbondo Gelar Ceramah Agama dan Doa Bersama

BeritaNasional.id – Situbondo Jawa Timur, Dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj dan menyambut datangnya bulan suci ramadhan serta doa bersama, seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Kelas II B Situbondo mendengarkan ceramah agama yang disampaikan Habib Muhammad Abu Bakal Al Muhdar Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Situbondo, Senin (13/3/2023).

Ceramah agama yang disampaikan Ketua MUI Situbondo ini, berlangsung di aula Baharuddin Lopa Rutan Situbondo ini mengisahkan tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Masjid Al Aqso di Yerusalem dan perjalanan Miraj’ Nabi Muhammad SAW dari Masjid Al Aqso menuju Muthan langit ke tujuh atau Sidratul Muthana serta memotivasi WBP agar tetap semangat menjalani kehidupan di Rutan Situbondo.

“Mereka kita beri motivasi agar setelah bebas dari masa tahanan tetap semangat dalam menjalani kehidupan di tengah tengah masyarakat. WBP Rutan Situbondo sangat tertib dan kompak ketika mendengarkan ceramah agama yang saya sampaikan tadi,” jelas Habib Muhammad usai mengisi ceramah agama dihadapan WBP Rutan Situbondo.

Kepala Rumah Tahanan Kelas II B Situbondo, Rudi Kristiawan mengatakan, dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan serta doa bersama seluruh WBP secara khidmat mendengarkan cerama agama yang disampaikan Habib Muhammad Abu Bakal Al Muhdar Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Situbondo.

Selain itu, kata Kepala Rutan Situbondo, kegiatan ini juga untuk merajut kebersamaan dan mengubah budaya lama dan mengetrapkan budaya baru dalam kehidupan sehari-hari WBP yang menjalani hukuman di Rutan Situbondo. “Budaya baru yang kita didikan kepada WBP yakni budaya tertib, rapih, indah, bersama dan kompak. Mereka WBP menyatakan siap dengan perubahan yang lebih baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rudi mengatakan bahwa, kegiatan menyambut datangnya bulan suci ramadhan serta doa bersama ini, diharapkan WBP semakin kompak menjalani perubahan serta patuh dengan segala aturan atau peraturan yang dilaksanakan Rutan Situbondo.

“Semoga ceramah agama yang disampaikan Habib Muhammad bisa memotivasi kalian untuk hidup lebih baik setelah habis menjalani masa hukuman di Rutan Situbondo dan kembali ke masyarakat memiliki jiwa tertib kebersamaan seperti yang diajari petugas Rutan Situbondo,” harap Rudi Kristiawan.

Tak hanya itu saja yang disampaikan Rudi, namun dia juga menjelaskan bahwa, pada bulan suci ramadhan yang akan datang, Rutan Situbondo akan melaksanakan kegiatan lomba tadarus, adzan, membaca ayat-ayat pendek Al Quran yang diikuti seluruh WBP Rutan Situbondo. “Semoga perubahan-perubahan yang ada di Rutan Situbondo untuk melayani masyarakat lebih baik lagi terus mendapat dukungan. Kami juga mohon sambungan doa dari kalian dan masyarakat Kabupaten Situbondo agar Rutan Situbondo lolos dan mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi.

Sementara itu, Budiyanto salah satu penghuni Rutan Situbondo mengatakan bahwa, bimbingan dan pelayanan yang diberikan Kepala Rutan dan Petugas Rutan Situbondo benar-benar bermanfaat serta penuh dengan nilai-nilai kekeluargaan. “Saya di bina untuk tertib, rapih, mengaji, salat dan kompak sesama teman-teman yang menjalani hukuman di Rutan Situbondo. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih atas keramahan dan kebaikan yang dilakukan petugas rutan kepada saya dan rekan-rekan lainnya,” tuturnya.

Usai ceramah agama menyambut datangnya bulan suci ramadhan serta doa bersama, kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama dengan kepala rutan, petugas rutan, warga binaan pemasyarakatan Rutan Situbondo dan sejumlah wartawan yang meliput kegiatan tersebut.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button