DaerahJawa TimurPemerintahanRagamSitubondo

Bupati Situbondo : Gerakan TP PKK Bantu Pemkab Setulus Hati

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM,- Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo menggelar puncak Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51 dan Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-20 Tahun 2023 yang berlangsung di Pendopo Aryo Situbondo, Selasa (9/5/2023).

Keterangan yang disampaikan Bupati Situbondo Karna Suswandi dihadapan sejumlah awak media mengatakan bahwa, gerekan TP PKK Kabupaten Situbondo dalam membantu program-program Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo dilakukan setulus hati. “TP PKK bekerja tanpa pamrih. Kegiatan yang dilaksanakan TP PKK dalam membantu program pemerintah terus dilakukan walaupun tidak ada anggarannya,” tuturnya.

Lebih lanjut, Bupati yang akrab di sapa Bung Karna ini mengatakan, peringatan puncak Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51 dan Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-20 Tahun 2023 ini dilaksanakan merupakan wujud perhatian pemerintah terhadap etos kerja Pengurus TP PKK dari tingkat kabupaten hingga ke tingkat yang paling bawah.

Untuk itu, sambung Bupati Karna, perlu sinergikan dan kolaborasikan dengan berbagai dinas yang ada, sehingga peran TP PKK di masyarakat pedesaan akan memiliki daya ungkit yang bisa membawa pada upaya peningkatan kesejahteraan keluarga. Tentunya dengan program pemberdayaan sebagaimana yang tertuang dalam 10 program pokok PKK.

“Program-program yang telah dikerjakan oleh PKK, mulai dari koperasi, kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, ekonomi, penurunan stunting dan lainnya yang tertuang dalam 10 program pokok PKK, semua telah dikerjakan dengan baik. TP PKK bekerja setulus hati tampa adanya imbalan,” kata Bung Karna.

Lebih lanjut, Bung Karna mengatakan, 10 program pokok PKK yang berbunyi Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Ketrampilan, Kesehatan dan Pengembangan Kehidupan Berkoperasi terus digulirkan dari tingakat paling atas hingga ke tingkat yang paling bawah. “Untuk itu, saya sangat mengapresiasi etos kerja TP PKK yang tampa pamrih tersebut,” ujarnya.

Selain itu, Bung Karna mengatakan, gotong royong yang hampir punah bisa digiatkan kembali oleh para kepala desa yang ada di Kabupaten Situbondo. “Upaya ini sebagai wujud partisipasi masyarakat di dalam melaksanakan pembangunan yang ada di desa-desa. Kita tentu akan sangat bangga bila tingkat partisipasi masyarakat dalam gotong royong terus meningkat,” pungkasnya.

Dilain pihak Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Situbondo, Hj. Jum’ati Karna Suswandi mengatakan, melalui momentum peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51 tahun 2023 ini, pihaknya berharap mampu meningkatkan etos kerja seluruh Pengurus TP PKK dari tingkat kabupaten hingga ke tingkat paling dasar. “Kegiatan ini bukan semata-mata kegiatan rutin tahunan saja, namun kegiatan ini saya harapkan bisa memberikan kontribusi positif bagi kegiatan pembangunan di Kabupaten Situbondo,” harapnya.

Dalam setiap memperingati hari kesatuan gerak PKK, kata Ketua TP PKK Kabupaten Situbondo, selalu membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dalam gerakan PKK. Semangat yang bergelora itu, senantiasa harus menjadi energi untuk bergerak bersama membantu masyarakat dari sudut kota hingga ke desa-desa.

Tak hanya itu yang disampaikan istri Bupati Situbondo ini, namun dia juga menegaskan demi meningkatkan kesejahteraan keluarga dan membantu masyarakat, maka seluruh pengurus TP PKK harus bergerak secara bersama. “Dengan gerakan bersama, maka kita diharapkan dapat wujudkan Indonesia menjadi negara maju,” pungkasnya.

Sementara itu, Suriyatno Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Situbondo mengatakan, tujuan peringatan puncak Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51 Tahun 2023 dilaksanakan untuk mewujudkan peranan tim penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah yang strategis dalam mendukung terlaksananya program pemerintah bersinergi dengan 10 program pokok PKK.

Sedangkan maksud dilaksanakan kegiatan pencanangan bulan bakti gotong royong masyarakat ke-20 ini, kata Suriyatno yakni, sebagai upaya pelestarian kebiasaan gotong royong masyarakat. “Dengan peringatan bulan bakti gotong royong ini, diharapkan ada peningkatan peran aktif masyarakat dalam kegiatan bergotong royong,” jelasnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button