PemerintahanSinjai

Dibuka Presiden Jokowi, Bupati ASA Ikuti Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2023, Secara Virtual

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern (Wasin) Pemerintah Tahun 2023 dilaksanakan secara virtual, yang dibuka secara langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, Rabu (14/6/2023).

Untuk Kabupaten Sinjai, Bupati Andi Seto Asapa mengikuti rakor tersebut di dampingi oleh Inspektur Inspektorat Sinjai, Andi Adeha Syamsuri.

Rakornas ini diikuti sebanyak 2.817 peserta, yang mengusung tema Kawal Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi.

Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh menyampaikan Kepada Presiden RI, sebanyak 43% program berpotensi tidak optimal mengungkit sasaran pembangunan pada daerah yang diuji petik.

Apalagi tambahnya terdapat potensi pemborosan alokasi belanja daerah sebesar 21% dari nilai anggaran.

Adapun resistensi pimpinan kementerian/lembaga/daerah (K/L/D) di lapangan dan lambatnya tindak lanjut hasil pengawasan BPKP, menurut Yusuf Ateh, masih menjadi tantangan bagi pengawasan intern untuk mencegah permasalahan dari hulu.

Menyikapi hal tersebut Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi saran itu dan berpesan agar pimpinan pemerintah tidak mengabaikan rekomendasi dari BPKP.

“Tangan BPKP itu sampai provinsi, kabupaten, kota, artinya bisa mengawal, mengawasi, mengarahkan,” Tutur Presiden RI

Usai mengikuti Rakornas secara virtual Inspektur Inspektorat Sinjai, Andi Adeha Syamsuri mengatakan bahwa, kegiatan Ini sudah rutin dilakukan oleh BPKP yang diikuti oleh semua Provinsi, Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia.

“Kami dari pemerintah daerah khususnya dari inspektorat daerah yang memang berfungsi sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah aktif melakukan pengawalan dan pendampingan terhadap jalannya pelaksanaan pemerintahan di Kabupaten Sinjai,” Jelasnya

Berhubungan dengan arahan Presiden RI dan Kepala BPKP, pihaknya sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) tentu akan melakukan pengawasan dan pengawalan secara aktif.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button