DaerahJawa TimurSitubondo

Terkait Pelayaran Jangkar Situbondo-Lembar NTB, Ini Penjelasan Ketua Umum GAPASDAP

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Khori Soetomo Ketua Umum Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (GAPASDAP) usai mengikuti launching pelayaran perdana penyeberangan nasional Pelabuhan Jangkar – Lembar mengatakan bahwa, berkat pembangunan Dermaga di Pelabuhan Jangkar oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, maka pelayaran Jangkar Situbondo – Lembar NTB bisa terlaksana, Selasa (15/8/2023).

“Saya memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur, khusus kepada Ibu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang telah membangun dua dermaga antar provinsi, yakni Dermaga Pelabuhan Ketapang Banyuwangi – Lembar dan Dermaga Pelabuhan Jangkar Situbondo – Lembar,” jelas Khori Soetomo Ketua Umum GAPASDAP.

Bukan hanya itu saja yang disampaikan Khori Soetomo dihadapan sejumlah wartawan. Namun, Ketua Umum GAPASDA juga menjelaskan bahwa dengan di bangunnya Dermaga di Pelabuhan Jangkar Situbondo dan di bukanya pelayaran dari Pelabuhan Jangkar Situbondo ke Lembar NTB ini, maka mampu memberikan nilai alternatif yang beragam.

“Pelabuhan Jangkar Situbondo merupakan salah satu alternatif positif untuk kebangkitan ekonomi masyarakat Kabupaten Situbondo. Karena, dengan di bukanya pelayaran Jangkar – Lembar ini masyarakat yang ada disekitar Pelabuhan Jangka akan mendapatkan manfaatnya,” jelas Khori Soetomo.

Lebih lanjut, Khori Soetomo mengatakan, pelayaran dari Pelabuhan Jangkar Situbondo menuju Pelabuhan Lembar NTB disediakan 3 Armada Kapal dan berlayar setiap hari. “ GAPASDA, Pementerian Perhubungan RI dan ASDP sudah punya komitmen hanya kapal-kapal yang sudah punyai ijin berlayar Ketapan – Lembar, Ketapang – Gilimanuk maupun Padangbai – Lembar yang boleh beroperasi disini,” jelas Khori Soetomo.

Terkait tarif, kata Khori Soetomo, baru saja ada menyesuaian yang diatur pada Keputusan Kementerian Perhubungan Nomor 61 yang diterbitkan pada tanggal 4 Juli 2023. “Kita sudah melakukan sosialisasi tarif ke pelabuhan-pelabuhan di seluruh Indonesia. Diantaranya, Pelabuhan Merak, Pelabuhan di Denpasar Bali, Makasar dan Palembang,” pungkasnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button