Kalimantan Barat

Satgas Saber Pungli Kalbar Gelar Sosialisasi di Kabupaten Sekadau

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Tim Satgas Saber Pungli Provinsi Kalimantan Barat yang dipimpin AKBP Hasbullah, mengadakan Sosialisasi Saber Pungli kepada Kepala Sekolah tingkat SD, SMP dan SMA di Kabupaten Sekadau.

Sosialisasi dilaksanakan di Aula Serbaguna Lantai II Kantor Bupati, dan dibuka oleh Wakil Bupati Sekadau Subandrio, S.H., M.H, pada Kamis (7/9/2023).

Wakapolres Sekadau Kompol Hoerrudin, S.I.K., S.H., M.H selaku ketua Satgas Saber Pungli kabupaten Sekadau menjelaskan maksud dan tujuan dari diselenggarakannya acara saber pungli tersebut.

“Giat ini bertujuan agar kita mengetahui apa yang dimaksud dengan saber pungli kemudian apa saja yang ada didalam saber pungli itu sendiri, agar kita tidak menjadi pelaku dalam pungli itu, yang mana kita disini berjuang untuk mencegah adanya pungutan liar,” jelas Wakapolres Kompol Hoerrudin.

Pemberian Materi kemudian disampaikan narasumber Tim Satgas Saber Pungli Provinsi Kalbar, Thuriman, S.H., M.Hum dan Kasat Reskrim Polres Sekadau IPTU Rahmad Kartono, S.H., M.H dan dilanjutkan sesi tanya jawab oleh peserta.

Dijelaskannya, Pungli adalah salah satu tindakan melawan hukum yang diatur dalam undang-undang nomor 31 tahun 1999 junto. Undang-undang nomor 22 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Pungutan liar adalah termasuk tindakan korupsi dan merupakan kejahatan luar biasa (extra ordinary crime) yang harus diberantas.

Acara sosialisasi saber pungli ini dihadiri oleh Wakapolres Sekadau, Dandim 1204 Sanggau-Sekadau, Kejari Sekadau, Kapolsek jajaran, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, serta para kepala sekolah se-Kabupaten Sekadau. (Aji)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button