BondowosoDaerahJawa Timur

Optimalisasi Guru Penggerak Dalam Kegiatan Kombel Gugus Kecamatan Bondowoso

 

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Koordinator Wilayah (Korwil) dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) melalui Gugus Kec. Bondowoso melaksanakan Komunitas Belajar (Kombel) di aula SDN Kembang 2, Selasa (31/10/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru mata pelajaran dan Kepala Sekolah (KS) se-Kecamatan Bondowoso dengan menghadirkan narasumber dari guru penggerak.

Fasilitator sekolah penggerak, M. Zainul Arifin, M.Pd., mengatakan, Komuntas Belajar (Kombel) ini dilakukan sebagai bentuk implementasi Kurikulum Merdeka (Kurmer) bagi guru-guru piloting untuk kelas multigrade.

“Kombel ini difungsikan agar guru-guru berperan akif dalam KKG. Sebagaimana yang sudah disampaikan bahwasanya multigrade mempunyai peran penting di sekolahnya. Mengingat guru-guru disini dilatih agar bisa membelajarkan anak-anak di kelas rangkap dengan aktif sehingga Kurikulum Merdeka ini sebagai dasar acuan untuk menggiatkan pembelajaan di kelas masing-masing,” kata Arif, sapaannya.

Menurut Arif, pokok pembahasan Kombel ini ada 9, yakni peran guru dan pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD), budaya positif 1, 2 dan 3, pembelajaran diferensiasi, Kompetensi Sosial Emosional (KSE), coaching, PSD serta program berdampak positif.

“Untuk materi sendiri, kegiatan ini sama persis dengan apa yang dipelajari guru penggerak selama pelatihan, jadi kami menularkan ilmu yang kami dapatkan kepada guru-guru di Kec. Bondowoso,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kombel dilaksanakan atas inisiatif dari KKG melalui semua pihak.

“Sebelum melaksanakan kegiatan ini, yang dimulai sejak bulan lalu (September), kami sudah menjalankan kesepakatan dengan semua pihak, termasuk Korwil, pengawas, guru dan KS,” urai Arif.

Dirinya menambahkan, tedspat kesan positif dari segala pihak selama Kombel berlangsung.

“Alhamdulillah, baik pemateri dari guru penggerak maupun peserta kita mendapatkan kesan positif, salah satunya dengan kehadiran yang mencapai angka 90%, bagi guru yang tidak hadir pun pasti memiliki alasan seperti acara keluarga dan sebagainya,” ucapnya.

Agar tidak menggangu proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), Kombel dilaksanakan setelah selesai KBM di sekolah. Yakni dimulai sejak jam 11:00 WIB sampai selesai.

“Selain memberikan materi sesuai dengan apa yang kami dapatkan ketika mengikuti pelatihan guru penggerak, akan ada tindak lanjut berupa moniv ke sekolah-sekolah untuk memastikan guru mengimplementasikan apa yang mereka dapatkan selama Kombel,” pungkas Arif. Zainul Muhaimin/Berita Nasional.ID)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button