Jawa TimurProbolinggo

Rutan Kraksaan Serahkan Remisi Natal Tahun 2023 Kepada 3 Warga Binaan

BeritaNasional.ID, KRAKSAAN JATIM -Perayaan Natal menjadi kebahagiaan tersendiri bagi warga binaan seluruh Lembaga Permasyarakatan dan Rumah Tahanan di jawa Timur. Seperti halnya hari ini Senin (25/12) pagi.

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kraksaan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur menyerahkan Remisi Khusus Hari Raya Natal tahun 2023 secara simbolis kepada 3 Warga Binaan Pemasyarakatan.

Kepala Rutan Kraksaan, Alzuarman mengatakan bahwa Remisi yang diberikan berdasarkan SK Menteri tentang pemberian Remisi Khusus hari Raya Natal tahun 2023.

“Pemberian remisi untuk napi yang merayakannya ini setelah adanya persetujuan dari Menteri Hukum dan HAM,” ujar Alzuarman

Karutan mengatakan, warga binaan yang beragama Kristen berjumlah 4 orang. Dari jumlah itu hanya 3 orang napi yang berhak mendapatkan remisi karena 1 orang masih berstatus tahanan.

Dari 3 narapidana yang dapat remisi tersebut, jelas Alzuarman, mereka hanya mendapatkan potongan masa tahanan. Tidak ada yang langsung bebas dari ke tiga napi tersebut.

Alzuarman menyebutkan, pemberian remisi masa tahanan ini karena mereka dinilai telah menunjukkan perubahan positif jauh dari sebelum dipenjara dan sampai sejauh ini, para napi terpantau masih berperilaku baik selama menjalani proses masa tahanan.

“Napi yang diberi remisi ini, karena dinilai berprilaku yang baik dan berubah total selama menjalani masa tahanan. Namun tidak ada yang mendapatkan remisi langsung bebas,” terangnya.

Penyerahan remisi dilakukan secara simbolis oleh Kasubsi Pelayanan Tahanan, Salugu Widya Utama kepada 3 WBP tersebut. Dari ketiga WBP tersebut masing masing mendapatkan potongan hukuman sebanyak 1 bulan 2 orang dan 15 hari 1 orang.

Salugu berharap semoga kedepannya para WBP menjadi lebih baik mengikuti seluruh pembinaan dan arahan di Rutan Kraksaan.

 

***yuli

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button