Nasional

Hari Ke Dua Staf Ahli Menteri Perdagangan Pantau Harga Sembako

Mamuju Berita Nasional.ID-– hari ke 2 jadwal kegiatan staf ahli menteri perdagangan bidang pengamanan pasar , bersama rombongan dan Kasub Bulog Divre Mamuju meninjau harga sembako di pasar Baru Mamuju , 25 April

Sutriono Edi mengatakan Berdasarkan pantauan di gudang Bulog, kemarin, stok beras tercatat masih terpenuhi dan stabil. Sementara itu, stok gula, minyak goreng juga masih stabil.

Adapun berdasarkan pantauan di Pasar Regional Simbuang, harga sejumlah komoditas bahan pokok terpantau stabil. Beras medium, beras medium Bulog, beras medium pandan wangi, dan beras premium Bulog serta beras Madinah.

Minyak goreng kemasan sederhana Rp10.000 per liter dan daging sapi Rp 120.000 per kg. Harga gula pasir juga terkendali Rp 11.000 per kg, dan Rp9.500 per kg ditingkat distributor.

Sementara itu, harga cabai rawit merah yang sempat melonjak hingga mencapai Rp28 ribu/kg, cabe merah Rp 20 ribu/kg. Adapun, bawang putih dan bawang merah serta telur dan tomat juga mengalani kenaikan.

Lebih lanjut Sutriono Edi mengatakan, masyarakat tidak perlu resah menghadapi potensi kenaikan harga bahan pokok menjelang Ramadan dan Idulfitri. Menurutnya, pemerintah dan Kemendag akan memastikan ketersediaan kebutuhan pokok tersebut melalui kegiatan pasar murah.

“Stok bahan pokok dalam kondisi cukup tersedia, masyarakat tidak perlu resah. Pemerintah akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memastikan tersedianya kebutuhan pokok masyarakat dengan harga yang terjangkau yakni melalui pasar murah,” katanya, saat mengunjungi pasar Regional Simbuang, Kamis (25/4/2019).

Sutriono bersama kabulog Mamuju saat pantau harga beras disalah satu toko di pasar baru

Namun demikian, Staf Ahli Bidang Pengamanan Pasar Kemendag RI Sutriono Edi mengatakan, menjelang Ramadhan dan Idulfitri biasanya akan terjadi peningkatan permintaan terhadap bahan pokok yang menyebabkan kenaikan harga.

“Kami perlu mengantisipasi hal tersebut sejak jauh-jauh hari agar masyarakat dapat menjalankan ibadah di bulan puasa dengan tenang, tanpa terbebani naiknya harga pangan atau kelangkaan barang,” katanya.

Sutriono menyatakan hal itu akan diantisipasi melalui kerjasama antara pemerintah daerah dan para pelaku usaha untuk menjaga stok dan stabilitas harga.

“Mengantisipasi kenaikan harga, kita akan menggelar Rapat Koordinasi untuk memastikan harga-harga bahan pokok, agar menjelang ramadan dan idul fitri harga bisa terjangkau,” tutup Sutriono. kepada media

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button