KalimantanKalimantan SelatanNasionalRagam

MENWA ULM Gelar Sosialisasi Kegiatan Dharma Bhakti Bina Desa Wisata di Desa Sungai Bakau

BeritaNasional.id, KALSEL Resimen Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat atau MENWA ULM menyelenggarakan sosialisasi kegiatan Dharma Bhakti Menwa 601/NRT ULM Tahun 2024 bertajuk “Pengembangan dan Pemberdayaan Potensi Desa Sungai Bakau Sebagai Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Tanah Laut”, bertempat di Balai Desa Sungai Bakau Kecamatan Kurau Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (11-07-2024).

Kegiatan tersebut merupakan implementasi dari Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Menwa ULM adalah salah satu organisasi kemahasiswaan yang telah lolos seleksi nasional PPK Ormawa Tahun 2024.

Koordinator Kegiatan PPK Ormawa (Dansatgas Bina Desa Wisata) Menwa ULM Tahun 2024, Sri Ayu Wulandari menyampaikan kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memaparkan kepada pihak terkait dan masyarakat tentang rencana pelaksanaan kegiatan Bina Desa Wisata di Desa Sungai Bakau.

“Kegiatan sosialisasi dilaksanakan 1 hari, penyampaian rencana kegiatan oleh pelaksana dan tanya jawab dengan masyarakat atau pihak desa. Sedangkan untuk kegiatan inti Dharma Bhakti Menwa ULM Bina Desa Wisata Tahun 2024 dilaksanakan mulai bulan Juli sampai dengan November 2024” ujar mahasiswi semester 6 prodi administrasi publik FISIP ULM asal HST ini.

Sementara itu Wakil Komandan Satuan Menwa 601/NRT ULM, Nor Auliana Rahmah menjelaskan bahwa tujuan kegiatan bina desa wisata untuk mengidentifikasi potensi SDA, seni budaya, SDM, dan aktivitas ekonomi yang dapat dikolaborasikan untuk mendukung pengembangan desa wisata hingga pembentukan lembaga pengelola serta peluncuran Desa Wisata.

“Ada empat program yang dilaksanakan yaitu, program Menwa mengabdi, program pembinaan dan pelatihan, program Menwa communicator, dan peresmian Desa Wisata Sungai Bakau dengan branding sesuai
potensi unggulan” katanya.

Wakil Rektor 3 ULM Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yang diwakili oleh M Zuhdian Noor selaku Sub Koordinator Minat, Bakat, Penalaran dan Informasi Mahasiswa ULM dalam sambutannya menyampaikan Menwa ULM merupakan satu dari dua belas organisasi kemahasiswaan ULM yang berhasil mengikuti seleksi sub proposal di tingkat nasional.

“Berbeda dengan KKN (Kuliah Kerja Nyata), PPK Ormawa merupakan kegiatan yang dikelola oleh organisasi kemahasiswaan sebagai implementasi program merdeka belajar dari pemerintah, kami dari Universitas Lambung Mangkurat juga mengucapkan terima kasih atas perkenan dan sambutan hangat dari masyarakat Desa Sungai Bakau,” jelasnya

Kepala Desa Sungai Bakau, Basuri menyambut baik kegiatan Dharma Bhakti Menwa ULM Tahun 2024 di wilayah desanya,”Harapannya semoga kegiatan ini berjalan lancar, sehingga tercapai semua tujuan dan Tempat Wisata di Desa Sungai Bakau ini agar dapat terealisasi dan dibuka untuk umum sehingga Desa Sungai Bakau dapat lebih maju lagi.” ucapnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button