Politik

Pilkada 2024: IRIS Minta ASN dan Aparat Desa di Bone Bolango Jaga Netralitas

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO – Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango dari jalur perseorangan, Ismet Mile dan Risman Tolingguhu (IRIS) melalui Ketua Tim Pemenangannya, Saipul Suleman, mengingatkan kepada aparatur sipil negara (ASN) dan aparat Desa di Kabupaten Bone Bolango untuk tetap menjaga netralitas saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Hal ini diutarakan Saipul Suleman kepada media saat diwawancarai, Selasa (6/8/2024).

Saipul mengatakan bahwa potensi pelanggaran netralitas ASN dan aparat Desa dalam setiap penyelenggaraan Pemilu maupun Pilkada bukan hal yang mustahil terjadi. Terlebih jika ada salah satu kontestannya berstatus Kepala Daerah.

“Tentu kita semua menginginkan mereka (ASN dan aparat Desa,red) tidak terlibat secara langsung dalam proses dukung mendukung apalagi ikut menjadi tim sukses salah satu paslon, karena ini bisa berujung pidana pemilu,” ujarnya.

Menurutnya penyelenggaraan Pilkada sebagai sarana seleksi para pemimpin daerah harus terlaksana dengan demokratis, bersih, dan jauh dari tindakan-tindakan kecurangan, sehingga menghasilkan pemimpin-pemimpin yang bersih, berkualitas.

“Menurut kami segala bentuk atau tindakan oleh ASN dan aparat desa yang mengarah kepada sikap yang tidak netral merupakan sebuah kecurangan dan ini harus dicegah,” tegasnya.

Ia pun berharap, masyarakat secara partisipatif membantu Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk melakukan pengawasan dan melaporkannya jika menemukan ada dugaan atau indikasi ASN di Kabupaten Bone Bolango yang menjadi tim sukses salah satu paslon.

“Kami berharap setiap warga bisa ikut mengawasi dan melaporkannya ke Bawaslu jika menemukan ada oknum ASN atau aparat Desa yang terindikasi melanggar netralitas dalam Pilkada,” pungkasnya.

(Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button