Sumatera Barat

Dosen Sosiologi Unand Beri Bekal Soal Kekerasan Seksual Kepada Siswa SD di Nagari Pamuatan

BeritaNasional.ID, SUMATERA BARAT — Tim dosen Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) kepada murid-murid kelas V dan kelas VI SDN 03 dan SDN 10 Nagari Pamuatan, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatra Barat bertempat di Gedung Pertemuan Nagari Pamuatan, Sabtu (10/8).

Kegiatan ini mengangkat tajukPeningkatan Pemahaman dan Keterampilan Anak terhadap Bahaya Kekerasan Seksual”.

Dipilihnya tema kegiatan pengabdian ini dikarenakan semakin maraknya kekerasan seksual yang sabagian korbannya adalah anak-anak. Lebih miris lagi pelaku kekerasan seksual yang menimpa anak-anak tersebut justru dilakukan oleh orang-orang terdekat.

Aktivitas pengabdian ini dikomandoi oleh Bapak Dr.Jendrius, M.Si dan beranggotakan beberapa orang anggota tim yakni Bapak Dr. Azwar, M.Si, Ibu Dra. Mira Elfina, M.Si, Bapak Drs. Wahyu Pramono, M.Si, ibu Zuldesni, S.Sos, M.A, Ibu Indah Sari Rahmaini, M.A, Bapak Indeska Putra S.Sos., M.Sos, dan Bapak Faiz Badridduja, S.S.I.,M.A.

Selain tim dosen, kegiatan ini juga dihadiri oleh Wali Nagari Pamuatan Bapak Rosman nanin, guru-guru pendamping siswa SDN 03 dan SDN10 Nagari Pamuatan serta Mahasiswa Universitas Andalas yang sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di nagari tersebut.

Kegiatan ini merupakan Kerjasama dan kolaborasi departemen Sosiologi FISIP Universitas Andalas dengan mahasiswa KKN Universitas Andalas di Nagari Pamuatan.

Dimulai tepat pukul 10.00 WIB dan dibuka oleh Master of Ceremony (MC) dari salah sorang mahasiswa KKN Universitas Andalas, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Pertama, laporan dari Ketua KKN Nagari Pamuatan, dilanjutkan sambutan oleh ketua tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Dr. Jendrius, M.Si dan diakhiridengan sambutan dan sekaligus pembukaan acara secara resmioleh Wali Nagari Pamuatan.

Acara pembukaan ditutup dengan do`a yang dibacakan oleh Bapak Faiz Badridduja, S.S.I., M.A dan diikuti secara khidmat oleh semua peserta.

Dalam sambutannya, ketua tim pengabdian menyampaikan apresiasi atas kesediaan pihak sekolah dan pemerintah Nagari Pamuatan untuk menerima kehadiran tim pengabdian dari Departemen Sosiologi FISIP Universitas Andalas, ia berharap kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat kepada anak-amak dan masyarakat Nagari Pamuatan umumnya.

Pada kesempatan yang sama itu dirinya

juga menyampaikan tugas pokok dosen di perguruan tinggi yang dikenal dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, bahwa dosen memiliki 3 tugas pokok yakni Pendidikan dan pengajaran, Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

Wali nagari juga mengatakan terkait pentingnya pencegahan terhadap kekerasan seksual. Dirinya menambahkan memang kekerasan seksual sangat marak terjadi belakangan bahkan di nagari tetangga Pamuatan baru saja terkuak kasus kekerasan seksual terhadap murid sekolah yang dilakukan oleh gurunya sendiri.

Dirinya Wali nagari kemudian mengucapkan terima kasih kepada tim yang sudah meluangkan waktu untuk dating dan melaksanakan kegiatan pengabdian di nagari Pamuatan.

Selanjutnya, penyajian materi disampaikan oleh ibu Zuldesni, S.Sos., M.A yang mengawalinya dengan kegaiarn ice breaking untuk menguji konsentrasi dan fokus dari kelompok peserta.

Masing-masing kelompok sekolah ketiak ditunjuk meneriakkan yel-yel masing -masing sekolah. Setelah peserta dianggap telah fokus kegiatan dilanjutkan dengan pemutaran film animasi tentang “Anti Kekerasan Seksual” dan dilanjutkan dengan nyanyi bersama “Ku Jaga Tubuh Ku”.

Kegiatan juga diselingi dengan pembagian door prize bagi peserta yang behasi menjawab pertanyaan tentang materi yang dibahas dalam film animasi tersebut.

Acara berlangsung meriah dan diikuti antusias oleh peserta, terutama pada sesi tanya jawab dan dan pembagian door prize. Karena antusias peserta waktu dua jam berlansung cepat dan tak terasa. Seluruh yang hadir mendapatkan bolpoin, susu sertamakanan ringan. Penyerahannya dibantu oleh Mahasiswa KKN Universitas Andalas yang ada di Nagari Pamuatan Kegiatanpengabdian diakhiri dengan foto bersama seluruh hadirin, Tim Dosen Departemen Sosiologi FISIP Universitas Andalas, Kelompok Mahasiswa KKN di Nagari Pamuatan Universitas Andalas, Wali Nagari Pamuatan, Perwakilan Guru serta Siswa-siswi SDN 03 dan SDN 10 Nagari Pamuatan.

Melalui kegiatan ini diharapkan siswa serta guru memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap potensi bahaya kekerasan seksual yang sangat mungkin mereka alami.

Kegiatan ini juga diharapkan kepada para siswa untuk dapat memiliki keterampilan yang baik mengenai bagaimana cara untuk memproteksi diri dari kemungkinan mengalami kekerasan seksual, baik di lingkungan sekolah, di rumah serta di lingkungan sosial tempat mereka tinggal.

(Rls/Indah Sari Rahmaini/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button