Daerah

Tingkatkan Perekonomian Warga Dua Desa di Probolinggo, CSR PT BJB Bangun Jalan Beton Cor

BeritaNasional.ID, PROBOLINGGO JATIM – PT Berdikari Jaya Bersama (BJB) II gelontorkan program Corporate Social Responsibility (CSR), meskipun pembangunan pabrik masih belum beroperasi di Desa Purut, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Salah satunya adalah perbangunan jalan desa dengan rabat beton yang menghuhungkan tiga Desa Purut Kecamatan Lumbang, Desa Sumendi dan Wringinanom di Kecamatan Tongas.

Dirut PT BJB II, Yuwe Santoso mengatakan, jalan beton cor yang dibangun memiliki panjang sekitar 330 meter dengan lebar 6 meter. Senin (2/8/2024)

“Sebelum dibangun, kondisi fisik jalannya masih makadam dan berdebu saat kemarau serta sulit dilewati kalau musim hujan tiba,” katanya

Selain menjadi akses utama ke perusahaan, jalan rabat beton ini juga bisa digunakan warga untuk mobilitas sehari-hari. Bahkan bisa memangkas waktu tempuh antar desa, daripada harus mengambil jalan memutar yang lebih jauh.

Rohim, salah satu warga Desa Purut menyampaikan, kini warga bisa merasakan manfaat jalan rabat beton tersebut.

“Kalau hujan jalanan ini sulit dilalui, karena berlumpur. Kalau kemarau pun ya batunya besar- besar. Roda dua aja susah, apalagi mobil. Tapi sekarang sudah enak,” ucapnya

Sementara itu Camat Tongas, Rachmad Widianto menjelaskan, bahwa pembangunan jalan rabat beton di area itu diharapkan menjadi angin positif untuk menarik investor lain masuk ke Kecamatan Tongas.

“Sejauh ini ada sekitar 7 perusahaan besar di Desa Wringinanom. Dengan dibangunnya akses jalan ini diharapkan bisa memantik lebih banyak investor untuk masuk,” jelasnya.

Lokasi PT BJB II sendiri, berada di perbatasan. Antara Desa Purut Kecamatan Lumbang dan Desa Wringinanom Kecamatan Tongas. Serta dari lokasi ke pintu tol Probolinggo Barat relatif dekat. Hanya sekitar 3 menit perjalanan saja.

Berharap, ketika pabrik ini beroperasi, bisa menyerap tenaga kerja dari penduduk sekitar pabrik. Sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru. Tidak perlu warga ke luar daerah untuk bekerja.

 

(Yuli/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button