AdvedtorialGorontalo

DKP Provinsi Gorontalo Gelar Forum Data Statistik Perikanan Budidaya Semester I Tahun 2024

BeritaNasional.ID, GORONTALO — Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo menggelar Forum Data Statistik Perikanan Budidaya Semester I Tahun 2024, yang berlangsung di ruang rapat DKP Provinsi Gorontalo, Jumat (6/9/2024). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kabid Budiaya dan Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Fahrul Ulum Amlain.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan, Fahrul Ulum Amlain mengatakan bahwa perkembangan kemajuan pembangunan perikanan budidaya dapat diketahui berkat adanya data statistik. Menurutnya, disamping menggambarkan kemajuan yang telah dicapai, data statistik juga berperan sangat penting dalam menilai keberhasilan suatu lembaga pemerintah atau swasta, sehingga data statistik memegang peranan penting dalam proses perencanaan untuk menentukan suatu keberhasilan dalam mengelola sumber daya.

“Bahkan dalam manajemen modern sekarang ini segala sesuatu yang diputuskan harus berdasarkan pertimbangan rasional, yaitu dilandasi dengan data dan informasi yang akurat,” kata Fahrul.

Namun demikian, lanjut dia, kepentingan statistik tersebut belum diikuti dengan upaya perhatian secara sungguh-sungguh dan menyeluruh dari para pelaku pembangunan itu sendiri, sehingga terkadang statistik hanya dijadikan sebagai pelengkap saja.

Berkaitan dengan hal tersebut, kata Fahrul, maka sudah selayaknya statistik perlu mendapatkan perhatian penuh dan menyeluruh untuk mendukung kemajuan pembangunan. Disamping itu statistik juga telah dikembangkan sesuai dengan kemajuan aktivitas budidaya dan tuntutan kebutuhan data di masyarakat serta perkembangan teknologi informasi.

Forum Data Statistik Perikanan Budidaya Tingkat Provinsi ini digelar dalam rangka menyamakan persepsi dan mengakomodasikan berbagai
permasalahan yang dihadapi di bidang perstatistikan oleh masing-masing kabupaten kota.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan Forum Data Statistik Perikanan Budidaya Semester I Tahun 2024 Tingkat Provinsi Gorontalo adalah untuk melakukan validasi data statistik perikanan budidaya kabupaten kota yang menyangkut statistik pembesaran, perbenihan, dan ikan hias Semester I Tahun 2024.

Sementara untuk sasaran kegiatan ini adalah petugas validator dan enumerator data statistik perikanan budidaya se-Provinsi Gorontalo.

Output dari kegiatan ini adalah :
a. Terlaksananya kegiatan Forum Data Statistik Perikanan Budidaya Semester I Tahun 2024 Tingkat Provinsi Gorontalo;
b. Bertambahnya pemahaman dan pengetahuan para petugas/validator data statistik perikanan budidaya;
c. Tersedianya data statistik yang akurat, valid dan dapat dipertanggung
jawabkan.
d. Meningkatnya produksi perikanan budidaya yang berkualitas.
e. Didapatkan hasil data sementara untuk produksi pembenihan sebanyak 17.250.000 ekor, produksi pembesaran sebanyak 26.105.111 kg, dan ikan hias sebanyak 214.453 ekor.

(Rls/Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button